Selasa, 21 Mei 2024

Rusia Klaim Berhasil Rebut 400 Kilometer Persegi Wilayah Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengklaim bahwa pasukannya berhasil merebut setidaknya 400 kilometer persegi wilayah Ukraina sejak awal tahun ini. Keberhasilan itu diungkapkan ketika Ukraina menghadapi ancaman menipisnya amunisi.

Dilansir dari The Moscow Times, Selasa (16/4), wilayah itu merupakan Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia. Meskipun demikian, beberapa sumber menyebut Rusia tidak sepenuhnya memegang kendali atas wilayah tersebut.

Baca Juga: Terkait Serangan Iran ke Israel, Sekjen PBB: Timur Tengah di Ambang Kehancuran

“Sejak awal tahun ini, 403 kilometer persegi telah berada di bawah kendali kami. (Kini) angkatan bersenjata Rusia terus mendorong unit Ukraina ke arah barat,” kata Shoigu.

Lebih lanjut, Shoigu mengatakan pasukan Rusia telah merebut lima desa yaitu empat di Donetsk dan satu di Zaporizhzhia selama sebulan terakhir. Sedangkan pada bulan Februari lalu, Rusia berhasil merebut kota strategis Avdiivka.

Baca Juga: AS Berkomitmen Bantu Israel, Tapi Tidak akan Serang Balik Iran

Sementara, The Institute for the Study of War (ISW) menilai percepatan kemajuan Rusia di medan perang selama beberapa pekan terakhir “tidak mencerminkan ancaman keberhasilan operasional Rusia di tengah berlanjutnya penundaan bantuan keamanan Amerika Serikat ke Ukraina”. ISW pun memperkirakan Rusia hingga saat ini telah menguasai lebih dari 100.000 kilometer persegi atau hampir seperlima wilayah Ukraina. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER