Selasa, 25 Juni 2024

Rangkaian Serangan Drone Menghujam Ibu Kota Kyiev

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Serangkaian serangan pesawat tak berawak atau drone telah ditargetkan ke Ibukota Kyiv selama beberapa hari ke belakang. Otoritas Ukraina menyebutkan bahwa serangan tersebut telah merusak infrastruktur dan melukai warga sipil.

Dilansir dari Reuters, Jumat (5/5), alarm peringatan untuk berlindung terdengar menggema di seluruh kota pada Kamis malam. Warga diperintahkan untuk pergi ke tempat penampungan ketika ledakan dan tembakan terjadi di dekat pusat kota.

Serangan dimulai tepat setelah jam 8 malam dan berlangsung sekitar 20 menit. Angkatan Udara Ukraina mengatakan mereka telah menghancurkan salah satu dronenya sendiri setelah kehilangan kendali karena kegagalan teknis saat mengudara di atas wilayah Kyiv. Tidak dijelaskan berapa total drone yang dihancurkan dalam semalam.

Baca Juga: Inggris dan Norwegia Cegat Pesawat Rusia di Atlantik Utara

Sementara itu, sehari sebelum drone menargetkan Kyiv, Kremlin diserang dua drone tepat di Istana Kepresidenan. Juru bicara Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa AS merupakan dalang dari penyerangan itu dan Ukraina yang mengeksekusi.

“Upaya untuk memungkiri (serangan terhadap Kremlin) ini, baik oleh Kyiv maupun di Washington, tentu saja sangat konyol. Kami tahu betul bahwa keputusan tentang tindakan semacam itu, tentang serangan teroris semacam itu, bukan diputuskan oleh Kyiv tetapi Washington,” ujar Peskov.

Peskov mengungkapkan, penyelidikan sedang dilakukan dan Presiden Putin pun akan menggelar pertemuan dengan Dewan Keamanan Rusia yang dijadwalkan pada akhir minggu ini.

Baca Juga: Perkuat Kemitraan Indo-Pasifik, NATO akan Buka Kantor Penghubung di Jepang

Menanggapi tudingan tersebut, Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby menolak “kebohongan” Rusia dan mengatakan masih belum ada bukti konklusif mengenai keaslian video yang menunjukkan drone di Kremlin.

Disisi lain, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengajukan permohonan ke Mahkamah Internasional di Den Haag, agar Putin diadili atas kejahatan perang yang berlangsung sejak Februari tahun lalu. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER