Minggu, 26 Mei 2024

Putin Sebut Rusia Siap Perang Nuklir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat bahwa pihaknya secara teknis siap untuk perang nuklir jika Amerika Serikat (AS) dan sekutu mengirim pasukan ke Ukraina. Sebab, menurutnya, hal itu merupakan bentuk eskalasi konflik yang signifikan.

Dilansir dari RIA Novosti, Kamis (14/3), pernyataan itu diungkapkan Putin saat sesi interview dengan media lokal Rusia tersebut. Kendati Rusia siap mengerahkan senjata nuklirnya, ia menjelaskan bahwa skenario perang nuklir sangat tidak diperlukan dalam operasi khususnya di Ukraina.

Baca Juga: Israel Gunakan Kelaparan Sebagai Senjata di Jalur Gaza

“Dari segi teknis militer, kami tentu saja siap. Itu (senjata nuklir) selalu bersama kita, selalu dalam keadaan siap tempur. Itu yang pertama, dan kedua yang diakui secara umum, triad kita, triad nuklir, ini lebih modern daripada triad (negara) lainnya. Faktanya, triad seperti itu hanya dimiliki oleh kita dan Amerika. Tetapi kami telah membuat lebih banyak kemajuan,” ujar Putin ketika ditanya apakah Rusia benar-benar siap menghadapi perang nuklir.

Lebih lanjut, Putin mengatakan AS memahami bahwa jika mereka mengerahkan pasukannya di wilayah Rusia atau ke Ukraina, maka Rusia akan menganggapnya sebagai intervensi. Dimana beberapa wilayah Ukraina telah dianeksasi Rusia.

Baca Juga: Cina Sebut Filipina Tolak Proposal Penyelesaian Konflik di Laut Cina Selatan

“Mereka adalah intervensionis. Kami akan menanggapinya seperti ini, ketika mereka muncul di wilayah Ukraina. Mereka memahami hal ini,” katanya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER