Minggu, 14 April 2024

Putin Keluarkan Dekrit Wajib Militer Bagi 150.000 Warga

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengeluarkan dekrit tentang wajib militer yang akan digelar selama musim semi. Dekrit itu memerintahkan sekitar 150.000 warga sipil untuk ikut serta.

Dilansir dari Pravo.gov.ru, Senin (1/4), laman resmi informasi hukum Rusia, wajib militer akan berlaku bagi warga yang berusia 18-30 tahun. Semua laki-laki tersebut akan dilibatkan dalam dinas militer selama setahun, atau pelatihan yang setara dengan masa pendidikan tinggi.

Baca Juga: Inggris akan Tingkatkan Kapabilitas Nuklir

Peraturan itu baru disahkan pada bulan Juli tahun lalu oleh parlemen Rusia, dan mulai berlaku pada 1 Januari 2024. Awalnya, wajib militer ini hanya berlaku bagi seluruh laki-laki dengan usia maksimal 27 tahun.

“(Dengan ini saya memutuskan untuk) melaksanakan wajib militer bagi warga negara Rusia berusia antara 18 dan 30 tahun, yang tidak menjadi cadangan dan memenuhi syarat wajib militer, antara 1 April hingga 15 Juli 2024, dalam jumlah 150.000 orang,” tulis dekrit Presiden Putin tersebut.

Baca Juga: Khawatir Ancaman Rusia, Estonia Berencana Tambah Anggaran Pertahanan

Wajib militer merupakan isu sensitif di Rusia, di mana banyak laki-laki melakukan segala cara untuk menghindari menerima surat panggilan dinas selama periode panggilan dua kali setahun. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER