Minggu, 26 Mei 2024

Inggris akan Tingkatkan Kapabilitas Nuklir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Inggris mengumumkan rencana jangka panjang berupa meningkatkan kapabilitas nuklir dalam ‘The Defence Nuclear Command Paper’. Melalui rencana itu, Inggris akan menciptakan sekitar 40.000 lapangan kerja baru yang berkaitan dengan industri nuklir pada tahun 2030.

Pemerintah Inggris akan bermitra dengan perusahaan pertahanan BAE Systems (BAES.L), Rolls-Royce (RR.L) dan Babcock (BAB.L), dan perusahaan energi EDF untuk berinvestasi lebih dari 763 juta pound ($961 juta) sampai 2030, yang mencakup pengembangan keterampilan, pendidikan dan lapangan kerja.

Baca Juga: Putin Tegaskan akan Tembak Jatuh F-16 di Ukraina

“Investasi ini akan menciptakan 40.000 lapangan kerja baru pada akhir dekade ini, yang sejalan dengan rencana untuk melipatgandakan jumlah doktor ilmu pengetahuan spesialis dan fisi nuklir,” tulis pemerintah Inggris melalui laman resminya Gov.uk, Sabtu (30/3).

Tujuannya agar pemerintah Inggris memiliki cukup pekerja nuklir untuk membangun dan memelihara armada kapal selam, yang krusial bagi pertahanan dan keamanan nasional. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menciptakan deterens nuklir.

Baca Juga: Rusia Sebut AS, Inggris dan Ukraina Sebagai Dalang Penembakan Masal

“Ancaman yang dihadapi Inggris dan sekutu kita semakin meningkat dalam skala, kompleksitas dan keragaman, itulah sebabnya penangkal nuklir kita saat ini sama pentingnya dengan sebelumnya,” kata Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps.

Industri kapal selam nuklir Inggris diharapkan akan berkembang di tahun-tahun mendatang seiring dengan dibangunnya kapal baru untuk Inggris, dan juga Australia berdasarkan pakta keamanan trilateral AUKUS. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER