Minggu, 14 April 2024

Pesawat C-130J Super Hercules Jalani Proses Purging dan Recharging, Ini Penjelasannya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pesawat angkut teranyar milik TNI Angkatan Udara (TNI AU), C-130J Super Hercules menjalani proses purging dan recharging yang menjadi bagian penting dari perawatan berkala.

Proses tersebut dilakukan oleh personel Satuan Pemeliharaan Pabrik Zat Asam (Satharpazam) 73 Depo Pemeliharaan (Depohar) 70 di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jumat (29/3).

Dikutip dari keterangan TNI AU, dikutip Senin (1/4) dijelaskan, proses purging merupakan proses pembersihan sistem bahan bakar dan sistem udara dari kotoran atau kontaminan yang dapat menganggu kinerja serta keamanan penerbangan.

Baca Juga: Indonesia Dapat Hibah Kapal Patroli Laut dari Jepang

Super Hercules
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Kemudian, proses recharging berarti mengisi kembali sistem komponen dengan bahan bakar dan cairan hidrolik guna memastikan bahwa pesawat siap untuk misi-misi mendatang,” sambung TNI AU.

Kedua proses tersebut pada dasarnya dilakukan untuk memastikan kesehatan serta kesiapan operasional pesawat, serta memperpanjang masa pakai komponen-komponen vitalnya.

Selain itu, kegiatan yang sama juga dilakukan untuk memastikan pesawat dapat beroperasi dengan optimal sehingga alutsista TNI AU dapat menjadi kekuatan yang tangguh serta andal di wilayahnya.

Baca Juga: Tinjau Gudang Amunisi yang Meledak, Panglima TNI Janji Ganti Kerugian Warga

Pesawat C-130J Super Hercules sehari-harinya dioperasikan oleh Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI telah memesan 5 unit pesawat C-130J Super Hercules dari Lockheed Martin, AS, di mana 4 pesawat di antaranya telah tiba di Indonesia.

Keempat pesawat tersebut masing-masing A-1339 pada Maret 2023; A-1340 pada 28 Juni 2023; A-1343 pada 9 Agustus 2023; dan A-1344 pada 22 Januari 2024. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER