Sabtu, 25 Mei 2024

Presiden Korut Uji Coba Tank Jenis Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un meninjau langsung demonstrasi militer sekaligus menaiki salah satu tank tempur yang diklaim jenis baru dan berhasil di uji coba kekuatan serangannya pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari KCNA, laman media pemerintah Korut, Jumat (15/3), dalam salah satu foto terlihat kepala Kim mengintip keluar dari sebuah tank dan diklaim bahwa ia mengemudikan alutsista tersebut.

Ia pun dilaporkan menyatakan rasa puas yang besar usai melihat kapabilitas tank. Selain uji coba, Kim meninjau langsung latihan pasukan militer dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapan tempur di berbagai skenario.

Baca Juga: Jerman Tegaskan Komitmen untuk Bantu Ukraina

“Ia (Kim) menyatakan kepuasannya bahwa tank tempur utama tipe baru berhasil menunjukkan kekuatan serangan dan mobilitasnya yang sangat baik, menunjukkan kemampuan tempurnya yang luar biasa untuk pertama kalinya dalam pertandingan tankmen,” tulis KCNA.

“Tank-tank menyerang sasaran secara bersamaan dengan serangan yang kuat dan menerobos garis pertahanan yang kuat dengan kemampuan manuver yang tinggi,” tambahnya.

Baca Juga: Rusia Diyakini Ganggu Sinyal Pesawat Inggris yang Membawa Menhan Shapps

Latihan ‘tempur tiruan’ itu dimenangkan oleh Divisi Tank ke-105, unit yang menduduki ibu kota Korea Selatan (Korsel), Seoul, selama Perang Korea. Sebelumnya, Korut juga telah melakukan latihan militer serupa untuk menanggapi latihan gabungan ‘Freedom Shield’ antara Korsel dan Amerika Serikat (AS).

Korut memang telah berulang kali mengecam latihan itu yang disebut sebagai provokasi perang, sementara Korsel menggambarkannya sebagai murni untuk memperkuat pertahanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER