Sabtu, 20 April 2024

Pakistan dan Iran Sepakat Meredakan Ketegangan Usai Saling Serang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pakistan dan Iran telah sepakat untuk meredakan ketegangan usai saling bertukar serangan rudal dan drone yang dikhawatirkan memicu ketidakstabilan lebih lanjut di wilayah tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (20/1), Menteri Luar Negeri Pakistan Jalil Abbas Jilani dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian dilaporkan telah melakukan pembicaraan melalui telepon untuk meredam ketegangan yang terjadi antara keduanya.

Baca Juga: Tingkatkan Stabilitas di Kawasan, Rusia dan Niger Jalin Kerja Sama Militer

“Kedua menteri luar negeri sepakat bahwa kerja sama tingkat kerja dan koordinasi yang erat dalam pemberantasan terorisme dan aspek-aspek lain yang menjadi perhatian bersama harus diperkuat. Mereka juga sepakat untuk meredakan situasi,” tulis Kementerian Luar Negeri Pakistan.

“Kembalinya duta besar kedua negara ke ibu kota masing-masing juga dibahas,” tambahnya.

Ketegangan bermula ketika Iran melakukan serangan rudal dan drone terhadap kelompok militan Jaish al-Adl di Balochistan, wilayah bagian barat Pakistan pada Selasa (16/1) malam.

Baca Juga: Prancis Bantah Tuduhan Rusia Terkait Tentara Bayaran di Ukraina

Amir-Abdollahian menyebut Jaish al-Adli sebagai “kelompok teroris Iran” di Pakistan. Ia pun menegaskan tidak ada warga negara Pakistan yang menjadi sasaran, hanya anggota kelompok teroris tersebut.

Sementara, Pakistan melakukan serangan udara balasan yang ditargetkan ke pangkalan Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) dan Front Pembebasan Balochistan (BLF) di dekat Saravan, Iran, pada Kamis (18/1). Kelompok itu disebut melakukan terorisme di Pakistan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER