Senin, 20 Mei 2024

Menjauh dari AS, Niger Pererat Hubungan Militer dengan Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Niger semakin mempererat hubungan dengan Rusia usai menarik diri dari kerja sama dengan Amerika Serikat (AS). Hal itu diwujudkan ketika pelatih militer Rusia beserta pasokan perlengkapan pertahanan tiba di Niger pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Rusia Klaim Berhasil Rebut 400 Kilometer Persegi Wilayah Ukraina

“Kami di sini untuk melatih tentara Niger menggunakan peralatan militer, (dan) untuk mengembangkan kerja sama militer antara Rusia dan Niger,” kata pelatih militer Rusia saat tiba di Niger melansir The Guardian, Selasa (16/4).

Sebelumnya, junta militer Niger sepakat untuk meningkatkan kerja sama keamanan dengan Rusia, setelah mengusir pasukan AS yang membantu memerangi kelompok pemberontak pada Januari lalu. Juru bicara junta kolonel Amadou Abdramane menyebut keputusan itu diambil karena kehadiran pasukan AS sudah melanggar aturan konstitusional Niger.

Baca Juga: Usai diserang Iran, Israel Tunda Rencana Perluas Invasi ke Kota Rafah

Sementara, kehadiran pelatih militer Rusia disebut bukan hanya untuk melatih pasukan Niger tetapi juga mengajarkan cara mengoperasikan peralatan militer yang dikirim Rusia, termasuk sistem pertahanan udara. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER