Rabu, 29 Mei 2024

KSAD: Kita Melakukan Konsep Pertahanan dengan Perlawanan Rakyat Semesta

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hadiri puncak peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (15/12). Maruli mengatakan, kunci keberhasilan menghadapi berbagai ancaman adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat dan alam sekitar.

Hari Juang TNI AD yang mengangkat tema ‘TNI Angkatan Darat bersama dengan Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI’ bermakna bahwa penyatuan TNI AD dengan rakyat dan alam di sekitarnya akan memunculkan potensi besar yang dapat berperan aktif untuk menghadapi segala ancaman.

Baca Juga: Dirayakan Setiap 15 Desember, Berikut Sejarah Hari Juang TNI AD

“Ini memang sesuai dengan konsep pertahanan kita, bahwa kita melakukan konsep pertahanan dengan perlawanan rakyat semesta. Jadi rakyat itu berkomunikasi baik dengan kita, sehingga kita (TNI AD) bisa berjuang bersama rakyat,” kata Maruli.

Terkait makna perjuangan, mantan Pangkostrad ini mengingatkan kembali akan peristiwa heroik pertempuran Ambarawa melawan penjajah di bawah pimpinan Jenderal Sudirman yang meskipun dalam kondisi sakit, beliau pantang menyerah dan terus memimpin pasukan untuk memerangi penjajah.

“Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua,” lanjutnya.

Baca Juga: Covid-19 Melonjak, TNI AD Kembali Terapkan Protokol Kesehatan

Selain itu, Maruli juga menyampaikan berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di era globalisasi, di antaranya perang asimetris, perubahan iklim, dan potensi konflik sosial.

Untuk menghadapinya, Maruli menegaskan perlu adanya peningkatan kemampuan dari prajurit TNI AD. Ia juga menyinggung tentang peran aktif seluruh masyarakat dalam pelestarian alam. Sebab, lanjutnya, pelestarian alam adalah tanggung jawab bersama. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER