Selasa, 27 Februari 2024

Korsel Sebut akan Bersikap Tegas Tanggapi Provokasi Korut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menanggapi setiap provokasi Korea Utara (Korut) yang terus meningkatkan ketegangan dengan serangkaian uji coba senjata baru.

Dilansir dari Yonhap, Selasa (13/2), Joint Chief of Staff Korsel (JCS) mengklaim selalu memantau secara real-time segala tindakan Korut. Hasil pantauan itu kemudian dianalisis bersama sekutu Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran 100 Tawanan Perang

“Militer kami mempertahankan postur yang mampu merespons provokasi artileri Korut, sambil terus memantau pengembangan senjatanya dan meningkatkan kemampuan pencegahan dan respons kami,” kata juru bicara JCS Lee Sung-jun.

Selain itu, JCS juga mendeteksi Korut telah menguji coba beberapa sistem peluncur roket ganda 240 mm ke arah Laut Kuning dari sekitar kota pelabuhan Nampho pada beberapa waktu lalu. Senjata itu disebut dikerahkan dekat perbatasan, sehingga menimbulkan potensi ancaman terhadap wilayah Korsel.

Baca Juga: Konflik Terus Berlanjut, Ukraina Sebut Rusia Gunakan Rudal Hipersonik Zircon

“Uji coba terbaru ini dilakukan hanya beberapa hari menjelang ulang tahun mendiang presiden Kim Jong-il, hari libur besar yang jatuh pada hari Jumat. Namun sejauh ini belum ada gerakan khusus oleh militer Korut,” katanya. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER