Selasa, 18 Juni 2024

Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran 100 Tawanan Perang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rusia dan Ukraina telah melakukan pertukaran 100 tawanan perang yang telah berlangsung hampir dua tahun. Pertukaran itu disebut berhasil disepakati usai dimediasi oleh Uni Emirat Arab (UEA) pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Reuters, Senin (12/2), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa tentara yang kembali akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Ibu Kota Moskow. Sementara, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut sebagian besar dari mereka yang dibawa pulang telah bertugas di garis depan pertahanan selama tiga bulan di pelabuhan Mariupol di Laut Azov, yang kini dikuasai oleh pasukan Rusia.

Baca Juga: AS Kembali Hancurkan Rudal Houthi di Yaman

“Kami selalu mengingat orang-orang kami yang disandera, semuanya. Kami perlu mengembalikan semua orang. Kami mengupayakannya setiap hari,” kata Zelensky, merujuk pada bantuan mediasi oleh UEA.

Berdasarkan laporan Komite Koordinasi Penanganan Tawanan Perang Ukraina, sebanyak 28 prajurit yang kembali berada dalam keadaan terluka atau sakit. Sedangkan kepala Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina Kyrylo Budanov melaporkan sebanyak 3.135 tawanan perang Ukraina kini telah kembali pulang.

Baca Juga: PBB Tolak Pemindahan Paksa Warga Sipil Palestina dari Pengungsian Rafah

“Seperti yang Anda lihat, ini (pertukaran tawanan) memerlukan sedikit waktu, namun satu-satunya hal yang penting adalah hasilnya,” kata Budanov. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER