Kamis, 22 Februari 2024

AS Kembali Hancurkan Rudal Houthi di Yaman

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan serangan udara yang menghancurkan empat kapal nirawak dan tujuh rudal anti kapal milik militan Houthi di Yaman.

CENTCOM mengklaim persenjataan itu akan diluncurkan Houthi ke kapal-kapal komersial di Laut Merah. Sehingga, mereka mengambil tindakan preventif demi menjaga keamanan dan kepentingan AS maupun sekutu.

Baca Juga: Putin Sebut Rusia Berupaya Bebaskan Tawanan Konflik Israel-Hamas

“CENTCOM mengidentifikasi rudal-rudal dan kapal nirawak ini di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi dan menetapkan bahwa rudal-rudal tersebut merupakan ancaman nyata terhadap kapal Angkatan Laut AS dan kapal dagang di wilayah tersebut,” tulis Komando Pusat AS melansir Centcom, Jumat (9/2).

“Tindakan ini akan melindungi kebebasan navigasi dan menjadikan perairan internasional lebih aman bagi Angkatan Laut AS dan kapal dagang,” tambahnya.

Baca Juga: Australia Berencana Produksi Drone Senilai $260

Militan Houthi yang menguasai sebagian wilayah di Yaman, telah meluncurkan serangkaian serangan drone dan rudal ke kapal-kapal komersial di Laut Merah dan Teluk Aden, dalam beberapa pekan terakhir. Tindakan itu disebut merupakan respons terhadap serangan Israel sekaligus solidaritas kepada rakyat Palestina di Gaza. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER