Kamis, 22 Februari 2024

Australia Berencana Produksi Drone Senilai $260

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Australia akan menggelontorkan dana sebesar A$400 juta ($260 juta) untuk memproduksi drone militer generasi baru untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan.

Dilansir dari Reuters, Jumat (9/2), drone MQ-28A Ghost Bat yang dirancang dan diproduksi melalui kerja sama dengan produsen pesawat Amerika Serikat (AS) Boeing (BA.N) di Australia, akan mampu menjalankan berbagai fungsi termasuk peran tempur.

Baca Juga: Korsel dan Qatar Sepakat untuk Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

“Ini adalah pesawat militer pertama yang dirancang, direkayasa dan diproduksi di Australia dalam lebih dari 50 tahun dan menggarisbawahi kedalaman inovasi dan keahlian dalam industri pertahanan kita,” kata Menteri Industri Pertahanan Australia Pat Conroy.

Rencana produksi drone itu juga disebut yang akan menciptakan banyak lapangan kerja. Sebelumnya, Australia telah menghabiskan A$600 juta untuk membeli 10 drone tersebut.

Baca Juga: Putin Sebut Rusia Berupaya Bebaskan Tawanan Konflik Israel-Hamas

“Pendanaan tambahan untuk Ghost Bat menjamin lebih dari 350 lapangan pekerjaan di seluruh Australia,” katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, Australia sedang berupaya untuk memproduksi lebih banyak sistem pertahanan di dalam negeri. Proyek aliansi AUKUS bersama Inggris dan AS pun turut menjadi prioritas Australia. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER