Kamis, 22 Februari 2024

Korsel dan Qatar Sepakat untuk Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) Korea Selatan (Korsel) dan Qatar telah sepakat untuk memperluas latihan militer gabungan dalam upaya meningkatkan kerja sama bilateral. Sebelumnya, Korsel juga melakukan kesepakatan serupa dengan Arab Saudi.

Dilansir dari Yonhap, Rabu (7/2), Kesepakatan itu terjalin ketika Menhan Korsel Shin Won-sik berkunjung ke Qatar untuk bertemu dengan Menteri Negara Urusan Pertahanan HE. Dr. Khalid bin Muhammad Al-Attiyah.

Baca Juga: Yordania dan Belanda Airdrop Bantuan Logistik di Gaza

Dalam kesempatan itu, keduanya disebut menandatangani MoU untuk mengadakan pembicaraan rutin tingkat menteri dan membangun landasan bagi kerja sama pertahanan bilateral.

“Kedua belah pihak juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai sektor pertahanan, seperti meningkatkan pertukaran ahli antar lembaga terkait pertahanan dan memperluas latihan gabungan,” kata Kemhan Korsel.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Keamanan di Kawasan, Pesawat Pengintai AS Terbang di Laut Kuning

Kesepakatan ini dilakukan setelah Shin mengunjungi Arab Saudi untuk mempererat hubungan kedua negara sekaligus membuka jalan bagi kerja sama di bidang industri pertahanan dan pengembangan senjata.

Serangkaian kesepakatan dengan negara Timur Tengah itu disebut sejalan dengan upaya Korsel untuk menjadi salah satu pemasok senjata terbesar di dunia. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER