Sabtu, 20 April 2024

Kapal Angkatan Laut AS Cegat Rudal dan Drone dari Yaman

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Juru bicara Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) Pat Ryder mengatakan bahwa kapal perusak USS Carney berhasil mencegat tiga rudal jelajah dan beberapa drone yang diluncurkan oleh militan Houthi dari Yaman. Kelompok yang bersekutu dengan Iran itu diduga menargetkan Israel.

Dilansir dari Defense.gov, laman resmi Pentagon, Jumat (20/10), Ryder mengungkapkan kapal USS Carney sedang beroperasi di Laut Merah bagian utara ketika rudal itu diluncurkan. Tidak ada laporan korban jiwa.

Baca Juga: AS Sebut Cina Ratusan Kali Lakukan Manuver Berbahaya di Udara

“Kami tidak dapat mengatakan dengan pasti apa yang menjadi sasaran rudal dan drone ini, namun mereka diluncurkan ke arah utara di sepanjang Laut Merah dan berpotensi menuju sasaran di Israel,” kata Ryder.

Pemerintahan Joe Biden menjadi semakin waspada terhadap aktivitas militan yang didukung Iran, di tengah ketegangan regional akibat konflik Israel-Hamas. Tindakan USS Carney pun berpotensi menjadi tembakan pertama militer AS dalam membela Israel.

“Tindakan ini merupakan demonstrasi pertahanan udara dan rudal yang kami bangun di Timur Tengah dan kami siap menggunakannya kapan pun diperlukan untuk melindungi mitra dan kepentingan kami,” lanjut Ryder.

Baca Juga: HRW: Militer Myanmar Serang Kamp Pengungsian Warga Sipil

AS telah menunjukkan postur kekuatan Angkatan Laut ke Timur Tengah sejak konflik kembali memuncak pada 7 Oktober lalu. Ryder pun menegaskan pasukan AS yang dikerahkan ke wilayah itu dimaksudkan untuk mencegah kelompok mana pun melancarkan serangan dengan kedok konflik Israel-Hamas.

“Dengan menempatkan aset-aset Angkatan Laut AS dan pesawat tempur di kawasan, kami bertujuan untuk mengirimkan pesan untuk mencegah konflik yang lebih luas, dan memperjelas bahwa kami akan melindungi dan mempertahankan kepentingan keamanan nasional,” imbuhnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER