Sabtu, 2 Maret 2024

Investasi SDM dan Regenerasi Penerbang, 14 Siswa Penerbang Ikuti Pendidikan KPTPA

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 14 siswa penerbang TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengikuti Pendidikan Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Angkut (KPTPA) angkatan ke-7 yang digelar di Skadron Udara 4, Wing Udara 2, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Kamis (16/2).

Belasan siswa tersebut berasal dari sejumlah skadron angkut TNI AU, di antaranya Skadron Udara 2, Skadron Udara 4, Skadron Udara 5, Skadron Udara 17, Skadron Udara 27, Skadron Udara 31, Skadron Udara 32, dan Skadron Udara 33.

Sebelum mengikuti Pendidikan KPTPA, mereka terlebih dahulu harus menempuh pendidikan di Sekolah dasar Kecabangan (Sesarcab) Penerbangan. Setelah lulus, mereka kemudian dijuruskan ke jenis pesawat angkut dan akan menempuh pendidikan KPTPA selama 6 bulan.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh
Foto bersama jajaran pejabat Lanud Abdulrachman Saleh dengan empat belas siswa penerbang yang mengikuti Pendidikan KPTPA di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Kamis (16/2). (Foto: Dok. Instagram @lanudabdsaleh)

Pendidikan ini sejatinya merupakan bentuk investasi sumber daya manusia (SDM) TNI AU. Pasalnya, para siswa akan dididik dan dipersiapkan sebagai penerbang andal yang nantinya dapat mengemban tugas serta tanggung jawab penugasan di masa depan.

“Pendidikan ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan untuk menerbangkan pesawat angkut twin/multi engine bagi lulusan Sesarcab penerbang yang dijuruskan ke pesawat angkut,” ungkap Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto dalam sambutannya saat upacara pembukaan pendidikan KPTPA seperti dikutip dari tni-au.mil.id, Jumat (17/2).

Baca: Panglima Koopsudnas dan Atase Udara Australia Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan Udara

Lebih lanjut Fairlyanto mengungkapkan, pendidikan ini sekaligus menjadi salah satu bentuk kaderisasi yang telah ditentukan sebelumnya dalam rangka pelaksanaan program regenerasi dan pemenuhan penerbang pesawat angkut TNI AU. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER