Selasa, 16 April 2024

Panglima Koopsudnas dan Atase Udara Australia Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan Udara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono membahas kerja sama pertahanan udara antara Indonesia dan Australia saat menerima kunjungan Atase Udara Australia Group Captain Jen Bowes di Lobby Makoopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/2).

Fokus kerja sama pertahanan udara yang dibahas pun mencakup kerja sama pada tingkat bilateral, regional, hingga internasional. Melansir informasi Penerangan Koopsudnas dalam courtesy call tersebut, keduanya juga turut berbincang tentang penyelenggaraan Australian International Airshow yang dijadwalkan untuk digelar pada 28 Februari 2023 di Avalon, Victoria, Australia.

TNI AU
Pertemuan Panglima Koopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono dengan Atase udara Australia Group Captain Jen Bowes. (Foto: Dok. Instagram @penkoopsudnas)

Untuk diketahui, Royal Australian Air Force (RAAF) merupakan mitra strategis TNI AU untuk kawasan selatan. Untuk itu, kedua angkatan udara tersebut berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang, seperti latihan bersama hingga pendidikan antara personel TNI AU dan RAAF.

Baca: Keluarga 10 Pahlawan Revolusi dan A.H Nasution Dapat Hadiah Umroh dan Ziarah Rohani

Untuk latihan bersama, yang paling anyar dilakukan antara TNI AU dan RAAF adalah Pitch Black ’22. Pitch Black merupakan latihan perang udara yang digelar setiap dua tahun oleh RAAF.

Dalam latihan yang digelar pada Agustus 2022 lalu, TNI AU mengerahkan sejumlah pesawat tempur F-16 fighting falcon untuk mengikuti latihan bersama dengan Australia dan sebelas negara lainnya. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER