Senin, 15 April 2024

AS Mempertegas Aturan Hadapi Objek Udara Tak Dikenal

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa AS sedang mengembangkan aturan yang lebih tegas untuk melacak dan memantau objek udara tidak dikenal. Hal ini dilakukan setelah beberapa objek ditemukan yang salah satunya disebut sebagai balon pengintai milik Cina.

Dilansir dari Whitehouse.gov, Jumat (17/2), Biden telah mengarahkan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan untuk memimpin tim antarlembaga yang meninjau prosedur dalam menghadapi objek tak dikenal. Selain balon pengintai Cina, AS telah menembak jatuh 3 objek yang melintasi wilayah negara bagian.

“Saya mengarahkan tim untuk mengembangkan aturan yang lebih tegas tentang bagaimana kita akan menangani objek tak dikenal ini ke depan. Agar membedakan antara yang cenderung menimbulkan risiko keselamatan dan keamanan serta memerlukan tindakan, dengan yang tidak,” ujarnya.

Intelijen AS meyakini 3 objek tersebut berfungsi untuk kepentingan riset miliki perusahaan swasta. Lalu, Biden menilai bahwa terdeteksinya objek itu disebabkan oleh peningkatan kemampuan radar AS.

“Kami sekarang hanya melihat lebih banyak dari mereka, sebagian karena langkah-langkah untuk meningkatkan radar kami. Kemungkinan besar, objek terkait dengan perusahaan swasta, rekreasi atau lembaga riset,” jelas Biden.

Lebih lanjut, menanggapi balon pengintai Cina, Biden ingin berbicara secara langsung dengan Presiden Xi Jinping. Ia menegaskan pihaknya tak berniat memulai konflik dengan Cina dan tidak ingin menciptakan perang dingin baru.

Baca: Cina Klaim Balon Pengintai AS Terbang di Xinjiang

“Saya berencana berbicara dengan Presiden Xi, saya harap kami akan menyelesaikan masalah ini sampai ke akarnya. Kami tidak menginginkan perang dingin baru,” ungkapnya.

Sebelumnya pihak Cina telah menegaskan bahwa balon udara yang melintas ke AS disebabkan kemampuan self-steering yang tidak terkontrol. Ditambah lagi, balon udara itu diperuntukan untuk kepentingan pengumpulan informasi terkait penelitian meteorologi. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER