Sabtu, 25 Mei 2024

Ini Dia Daftar 10 Jet Tempur Tercanggih di Dunia Salah Satunya Bakal Dimiliki Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Memiliki beragam jenis alutsista untuk memperkuat pertahanan sudah menjadi urgensi tiap-tiap negara untuk menjaga kedaulatannya. Salah alutsista yang sangat penting keberadaannya adalah jet tempur. Pesawat jenis ini diandalkan untuk menjaga keamanan keamanan suatu wilayah udara, atau pun untuk  menyerang musuh.

Berikut ini daftar 10 jet tempur terbaik tahun 2023 versi Aerotime. Dimulai dari peringkat ke-10:

10. Sukhoi Su-35S

Sukhoi Su-30, Su-35, dan Su-37 dari Rusia serta Shenyang J-16 milik Cina didasarkan pada platform Su-27 yang dikembangkan dengan kemampuan generasi 4,5. Namun, Su-35S dianggap sebagai versi pamungkas dari semuanya. Jet ini dilengkapi sistem elektronik terbaru yang diproduksi Rusia, serta memiliki ciri khas berupa nozel mesin thrust-vectoring yang dapat berbelok ke segala arah, membuat pesawat ini sangat mudah bermanuver.

9. Dassault Rafale

Rafale merupakan jet tempur andalan Prancis yang terus dikembangkan. Tipe F3 adalah varian terbaru dengan sistem dan sensor senjata paling mutakhir. Sementara, Rafale F4 saat ini sedang dalam pengembangan dan akan mencakup peningkatan pada radar dan avionik. Kecanggihannya ini membuat beberapa negara termasuk Indonesia tertarik untuk mengakuisisinya. Seperti diketahui, Kementrian Pertahanan resmi membeli 42 jet tempur Rafale dari perusahaan penerbangan Prancis, Dassault Aviation, pertengahan Februari 2022 lalu.

Baca Juga: Mengenal Ranpur “Imut” Wiesel Buatan Jerman, Pernah Uji Coba di Indonesia

8. Eurofighter Typhoon

Sesuai namanya, Eurofighter Typhoon dirancang untuk menjadi jet tempur gabungan Eropa. Namun, jet itu juga diminati dari negara luar Eropa khususnya di Timur Tengah seperti Qatar dan Arab Saudi. Typhoon merupakan salah satu jet generasi ke-4 tercanggih dan varian terbarunya, Tranche 4, dilengkapi dengan prangkat lunak maupun perangkat keras berupa elektronik dan radar yang efektif menghancurkan target-target di udara maupun di darat.

7. Boeing F-15EX Eagle II

F-15EX Eagle II yang dikembangkan oleh Boeing ini merupakan versi tercanggih dari F-15, salah satu jet tempur generasi ke-4 pertama yang telah mencapai umur 50 pada tahun lalu. Jet ini dilengkapi teknologi sistem avionik dan persenjataan tangguh sehingga diminati banyak negara.

6. Shenyang FC-31 Gyrfalcon

Jet tempur yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Co.Ltd (SAC) ini diklaim dilengkapi radar canggih yang dapat mengunci beberapa target secara bersamaan, sekaligus berkarakteristik siluman atau tidak dapat terdeteksi lawan. SAC juga menawarkan kemampuan serupa namun dengan biaya pengadaan yang lebih rendah dari Lockheed Martin F-35 Lightning II.

Baca Juga: Singgah di Jakarta, Inilah Spesifikasi Kapal LHD Dixmude Prancis

5. Sukhoi Su-57

Jet tempur generasi kelima andalan Rusia ini mampu mencapai kecepatan supersonik dan dilengkapi perlengkapan radio-elektronik tercanggih, serta teknologi ko-pilot elektronik. Berbagai media barat bahkan menyebutkan bahwa Sukhoi Su-57 turut dilibatkan dalam invasi Rusia di Ukraina.

4. KAI KF-21 Boramae

KF-21 menjadi jet terbaru dalam daftar ini yang berhasil melakukan penerbangan perdananya pada Juli 2022. Meskipun begitu, KF-21 memiliki banyak fitur yang kompatibel dengan jet generasi kelima. Sebab, jet tempur buatan Korea Selatan ini memiliki desain siluman dan beberapa teknologi yang juga digunakan pada F-35.

3. Lockheed Martin F-22 Raptor

F-22 adalah jet tempur generasi ke-5 dengan kemampuan siluman pertama yang beroperasi di dunia. Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) merupakan satu-satunya yang mengoperasikan F-22 karena AS melarang penjualannya ke negara lain. Kecanggihannya pun telah dibuktikan dalam berbagai misi tempur.

Baca Juga: Armo Pistol, Senjata Andal di Kondisi Ekstrim Buatan Anak Bangsa

2. Chengdu J-20 Mighty Dragon

Jet tempur Cina generasi kelima ini dirancang untuk menyaingi F-22 dan Su-57. Chengdu J-20 dapat membawa rudal jarak jauh antara lain PL-15, PL-21 dan rudal kendali LS-6. Meskipun karakteristik detailnya dirahasiakan, bagian depan prototipenya terlihat mirip dengan F-22 Raptor dan bagian belakang terlihat seperti Sukhoi T-50.

1. Lockheed Martin F-35 Lightning II

Lockheed Martin F-35 Lightning II berada di urutan teratas karena teknologi pertempuran udara terdepan. Sistem sensor dan fusi data yang dimiliki memungkinkannya mengumpulkan serta berbagi informasi lebih cepat dari pesawat jet siluman lain. Informasi ini membuat pilot dapat keuntungan ketika harus menentukan keputusan cepat di pertempuran. Jet tempur ini juga memiliki akselerasi, kelincahan, dan kemampuan manuver yang sangat baik. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER