Selasa, 27 Februari 2024

Singgah di Jakarta, Inilah Spesifikasi Kapal LHD Dixmude Prancis

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Beberapa perwira muda dari Jeanne d’Arc, nampak berjalan dengan gagah di kapal perang Dixmude (L9015) yang sandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/9). Kedatangan mereka ke Jakarta adalah dalam rangka menjalankan latihan tahunan.

Kapal LHD Dixmude yang merupakan kapal pengangkut helikopter ini dipimpin oleh Kapten Emmanuel Mocard. Sedangkan kapal fregat siluman La Fayette yang bersandar di lokasi yang sama, dipimpin Letnan Kolonel Ghislain Deleplanque. Mereka berlabuh di Jakarta sejak Sabtu (25/3) hingga Rabu (29/3).

Baca Juga: TNI AD dan AD Prancis Akan Gelar Latma Garuda Guerrier di Cilodong

Emmanuel yang juga menjabat sebagai Komandan Kelompok Kadet Jeaanne d’Arc Angkatan Laut Prancis, mengatakan singgahnya kedua kapal perang tersebut adalah bagian dalam misi pelatihan tahunan, yakni pelayaran operasi jangka panjang selama lima bulan mengelilingi dunia.

Kapal
Dok pendaratan helikopter di atas kapal Dixmude. (IDM/Faisal Ramadhan)

“Indonesia menjadi tujuan keempat kami dalam perjalanan misi selama 155 hari,” ujar Emmanuel di atas kapal Dixmude.

Dalam misi Jeanne d’Arc tahun ini, kapal Dixmude dengan kapasitas hanggar 1.800 m2 membawa tiga jenis helikopter dan 1 unmanned aerial vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak, yaitu 1 unit Dauphine, 2 unit Gazelle, dan S-100 UAV.Dalam misi tempur, Dixmude dapat membawa 16 helikopter berukuran besar, seperti NH-90 atau helikopter tempur Tigre.

Baca Juga: Menhan Prabowo Hadiri Acara Penyerahan Zakat di Istana

Kapal pemburu amfibi ini memiliki dek seluas 2.650 m2 yang dapat menampung sejumlah kendaraan berat dan mampu mengakomodasi 650 pasukan bersenjata lengkap.

Dengan ukurannya yang super besar, Dixmude juga memiliki fungsi sebagai kapal rumah sakit. Ada ruang khusus seluas 1.200 m2 yang terdiri dari 2 kamar operasi; 1 kamar scanning radiologi; klinik gigi; laboratorium biologi; telemedisin, dan 69 unit tempat tidur. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER