Minggu, 16 Juni 2024

Belasan Peterjun Denmatra 1 Kopasgat Ikuti Tes ILA MEDEX, Ini Materinya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 12 peterjun Denmatra 1 Kopasgat melaksanakan tes kesehatan (ILA MEDEX) yang digelar di Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr Saryanto, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dikutip dari keterangan Penerangan Kopasgat dalam instagram @kopasgat_tniau, Jumat (9/6) dijelaskan, tes ILA MEDEX digelar dengan tujuan untuk memelihara kondisi kesehatan segenap peterjun Denmatra 1 Kopasgat yang akan bertugas dalam operasional Latihan Satuan.

Baca Juga: Aksi Force Down Pesawat Asing dalam Latihan Perkasa “D” Tahun 2023

Melalui tes ini diharapkan kondisi para peterjun akan selalu siap dan siaga sehingga rangkaian strategi operasi udara nantinya dapat mereka lakukan dengan tepat dan berhasil. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat penugasan.

Denmatra 1 Kopasgat
Peterjun Denmatra 1 Kopasgat saat mengikuti materi tes kesemaptaan yang menjadi rangkaian materi tes ILA MEDEX. (Foto: Dok. Instagram kopasgat_tniau)

Adapun materi yang diuji dalam tes ini meliputi materi kesehatan, materi pengujian, materi psikologi dan tes kesamaptaan. Dalam materi kesehatan, sejumlah tes yang harus dilalui oleh para peterjun antara lain pengecekan laboratorium, tes audiometri, cek gigi, mata, rontgen, ECG/tes jantung, pengecekan fisik dan EEG (Elektro Ensefalografi).

Baca Juga: Aksi Spontan 7 Bocah yang Beri Hormat ke Mayjen TNI Totok Imam

Sementara itu, materi pengujian dilakukan di ruang altitude chamber dengan ketinggian yang memiliki kondisi ekstrem yaitu 25.000 kaki. Di sana, peserta akan diuji dengan menggunakan persoalan matematika sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER