Sabtu, 20 April 2024

Uji Kesiapsiagaan Koopsud I hingga III, TNI AU Gelar Latihan Operasi Informasi 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan Operasi Informasi tahun 2023 dengan mengusung tema “Satgas informasi melaksanakan operasi informasi pada OMP dan OMSP di mandala operasi Perairan Natuna Utara, Perairan Selatan Selat Bali dan wilayah Papua dalam rangka mendukung tugas Kogasudgab”.

Secara umum, latihan digelar untuk menguji kesiapsiagaan dan kemampuan Komando Operasi Udara (Koopsud) I, II, dan III beserta seluruh satuan jajarannya dalam menyusun rencana, sekaligus melaksanakan operasi dukungan informasi pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Baca Juga: Jelang Armada Jaya 2023, Dirlat Kodiklatal Gelar Briefing di Surabaya

Dikutip dari keterangan TNI AU dalam akun instagram @militer.udara, latihan dilaksanakan di tiga mandala operasi yang meliputi Perairan Natuna Utara untuk Koopsud I, Perairan Selat Bali untuk Koopsud II dan wilayah Papua untuk Koopsud III.

Dankodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalhadi
Dankodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalhadi dan peserta latihan Operasi Informasi TNI AU Tahun 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Latihan ini dibuka secara resmi oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsdya TNI Tedi Rizalhadi di gedung Pramansala, Kampus Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (7/6).

“Pelaku dilatih untuk menguji kemampuan personel, peralatan dan piranti lunak tiap unsur yang terlibat dalam merencanakan, mempersiapkan serta melaksanakan operasi informasi guna mencapai keunggulan informasi dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Udara,” ujar Tedi selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimulat).

Baca Juga: Brigif R 9 Kostrad Siap Dukung Ketahanan Pangan

Dengan latihan ini maka nantinya dapat dilihat sejauh mana tingkat kesiapan perangkat lunak TNI AU dan pelaku setiap unsur. Tedi kemudian menjelaskan jika hasil latihan ini juga akan dijadikan sebagai pedoman bagi para pimpinan dalam mengambil kebijakan lebih lanjut.

“Pelihara realisme latihan, sehingga dapat mengembangkan metode-metode yang efektif dalam operasi informasi, serta berdayakan semua sumber daya yang tersedia secara maksimal, sehingga tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai,” harap Pimulat. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER