Senin, 15 April 2024

Begini Cara Satuan Udara Koarmada III Lakukan Aircraft Underwater Escape

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan Udara (Satud) Koarmada III melaksanakan latihan Aircraft Underwater Escape Training (AUET) 2023 di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (8/6).

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Jumat (9/6), latihan yang berlangsung selama 5-9 Juni tersebut dibuka oleh Kolonel Laut (P) Dani Hamdani Komandan Satud Koarmada III selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) dalam latihan tersebut.

Baca Juga: Brigif R 9 Kostrad Siap Dukung Ketahanan Pangan

Aircraft Underwater Escape Training (AUET) adalah latihan penyelamatan diri dari pesawat ketika berada di dalam air yang merupakan bagian dari latihan prosedur pelepasan diri (escape) awak pesawat udara yang mengalami pendaratan darurat di laut, danau maupun sungai.

Adapun, tujuan latihan adalah meningkatkan kemampuan awak pesawat udara TNI AL dan kesiapan operasional dalam melaksanakan prosedur emergency pada sebelum, selama dan sesudah melaksanakan pendaratan darurat di air (ditching).

Baca Juga: Uji Kesiapsiagaan Koopsud I hingga III, TNI AU Gelar Latihan Operasi Informasi 2023

Terpisah, Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, medan operasi pesawat udara TNI AL sebagian besar berada di laut perairan yang memiliki potensi kecelakaan atau keadaan darurat yang disebabkan karena faktor kondisi teknis, alam dan cuaca, maupun human error.

“Oleh karena itu, diperlukan ketrampilan dan kesigapan para pengawak pesawat udara dalam menghadapi keadaan yang bersifat darurat,” ujar Rachmad. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER