Rabu, 24 April 2024

TNI AL dan Angkatan Laut Australia Bahas Rencana Latma Indo-Pacific Endeavour 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL dan Angkatan Laut Australia membahas rencana latihan bersama Indo-Pacific Endeavour (IPE23) yang rencananya digelar selama sepekan, yakni 28 Juli-4 Agustus.

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Selasa (11/7), hal tersebut dibahas dalam courtesy call Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Andi Abdul Aziz dengan Atase Pertahanan Laut (Athal) Australia untuk Indonesia Kapten (Laut) Rodney Griffiths, Surabaya, Senin (10/7).

Baca Juga : Prajurit Yonko 466/Kopasgat Gelar Latihan Taktik Tempur Malam untuk Asah Insting Tempur

Dalam kunjungan tersebut, Andi juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Australia di Koarmada II dan menyambut baik maksud dari kedatangan Rodney untuk menjalin hubungan baik antar angkatan laut kedua negara.

Sebelumnya, Indo-Pacific Endeavour merupakan salah satu hubungan regional utama Australia di wilayah Asia Tenggara dan Timur Laut Samudera Hindia, berupa kerja sama militer dengan serangkaian koordinasi dan latihan amfibi (udara-darat-laut).

Baca Juga : Kostrad Berkabung, 1 Prajuritnya Meninggal Dunia Karena Malaria di Papua

Dikutip dari laman Kementerian Pertahanan Australia, pada IPE23 ini sekitar 14 negara akan berpartisipasi, yaitu Bangladesh, Brunei, Kamboja, India, india, Laos, Malaysia, Maladewa, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Timor Leste,.dan Vietnam.

IPE23 berfokus pada kegiatan keterlibatan kepemimpinan senior, pertukaran informasi, tim olahraga, seminar, dan inisiatif peningkatan kapasitas.

Kapal-kapal dari Angkatan Laut Australia, detasemen Angkatan Darat, dan pesawat Angkatan Udara Australia, juga akan berkontribusi pada kegiatan latihan ini untuk berbagi informasi dan peluang pelatihan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER