Kamis, 22 Februari 2024

TNI Akan Bertindak Tegas Soal Isu Gangguan Pemilu di Jayapura dari KNPB dan ULMWP

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan memastikan TNI akan bertindak tegas terkait isu-isu yang berkembang di Jayapura tentang adanya upaya kelompok-kelompok yang akan mengganggu Pemilu diantara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

“Siapapun yang menteror dan mengganggu keselamatan maupun keamanan masyarakat di wilayah Papua, TNI akan bertindak. Jangan menimbulkan ketakutan dan teror sehingga pembangunan tidak jalan yang berdampak masyarakat menderita. Untuk itu, TNI akan bertindak tegas,” kata Kapendam dalam keterangan resminya diterima Senin, (12/2).

Baca Juga: Torehkan Prestasi, Tim Bola Voli Lanud SMH Palembang Sabet Gelar Juara Pertama

Secara umum, lanjut Kapendam situasi menjelang Pemilu di Papua aman, meskipun masih ada penonjolan gangguan keamanan dari gerombolan kelompok kriminal bersenjata di beberapa kampung di Yahukimo dan Intan Jaya.

“Namun berkat kerjasama yang baik antara Aparat TNI Polri, Pemda dan Para Tokoh serta masyarakat hingga saat ini dapat terkendali,” jelas Kapendam.

Baca Juga: Siswa Sekbang A-105 Rampungkan Tradisi Terbang Solo, Danlanud Adi Sutjipto : Ini Bentuk Prestasi

Ia memastikan partisipasi aktif aparat TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih dalam membackups Polda Papua serta membantu Penyelenggara Pemilu terus dilakukan diantaranya membantu pengiriman logistik Pemilu ke TPS-TPS ke tempat-tempat terpencil dan sulit dijangkau sebelum pemungutan suara.

“Setidaknya ada 4.579 orang Prajurit organik dan Prajurit dari Satgas TNI 6.300 orang juga turut membantu Polri mengamankan wilayah Papua,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER