Kamis, 30 Mei 2024

Tingkatkan Interoperabilitas, AS dan Sekutu Gelar Latihan Maritim Multilateral di Laut Filipina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Amerika Serikat (AS), Prancis, Kanada dan Jepang sukses menggelar latihan angkatan laut gabungan di Laut Filipina beberapa waktu lalu. Latihan itu digelar untuk meningkatkan interoperabilitas antara AS dan sekutu di Indo-Pasifik.

Latihan multilateral ini disebut melatih kemampuan di seluruh domain maritim. Sebab, pasukan yang berpartisipasi berfokus pada skenario taktis dan prosedur peperangan anti-udara, anti-permukaan, hingga anti-kapal selam.

Baca Juga: Usai Gencatan Senjata 24 Jam, Konflik Sudan Kian Memanas

“Latihan ini mewujudkan keinginan dan kemampuan Jepang serta sekutu untuk melanjutkan kerja sama kami di kawasan Indo-Pasifik menuju realisasi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Laksamana Muda Angkatan Laut Jepang Takahiro Nishiyama.

Dilansir dari Dvidshub.net, Senin (12/6), latihan ini melibatkan sekitar 12.000 tentara angkatan laut dari keempat negara tersebut. AS dilaporkan mengirim kapal induk USS Nimitz (CVN 68), USS Antietam (CG 54) dan USS Ronald Reagan (CVN 76). Kemudian, Jepang mengerahkan kapal perusak helikopter Angkatan Laut JS Izumo (DDH 183).

Baca Juga: Presiden Korut Sebut akan Terus “Bergandengan Tangan” dengan Rusia

Sementara itu, kapal perang lainnya yang ikut berpartisipasi yaitu FS Lorraine (D 657) Angkatan Laut Prancis dan fregat HMCS Montreal (FFH 336) dari Angkatan Laut Kanada.

“Bersama dengan sekutu dan mitra kami, kami menunjukkan kemampuan kami untuk berintegrasi dengan mulus di semua domain, kesiapan kami untuk menanggapi kontinjensi apa pun, dan komitmen kami untuk menegakkan kebebasan navigasi dan penerbangan di kawasan Indo-Pasifik,” kata Laksamana Muda Jennifer Couture, komandan Counter Strike Group 11 kapal USS Nimitz. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER