Kamis, 30 Mei 2024

1.916 Prajurit TNI AL Ikuti Tahap Gladi Posko Latihan Armada Jaya 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL bakal menggelar tahap Gladi Posko Armada Jaya XLI 2023 yang diikuti 1.916 personel, berlangsung dari 12-20 Juni, di Kodiklatal, Surabaya, Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, saat membuka latihan puncak matra laut Armada Jaya XLI 2023, di Surabaya, Senin (12/6).

Baca Juga: Presiden Korut Sebut akan Terus “Bergandengan Tangan” dengan Rusia

Ribuan personel tersebut terdiri dari Koarmada RI, Koarmada I, Koarmada II, Pushidrosal, Lantamal IV Batam, Kolinlamil, Guspurla Koarmada I, Pasmar 2, Puskopaska, Lantamal XIV Sorong, Disinfolahtal, dan Dispamsanal.

Armada Jaya
(Foto: Dok. Dispenal)

Dalam sambutannya, Ali menjelaskan Armada Jaya bertujuan meningkatkan kemampuan unsur pimpinan, staf komando gabungan TNI, dan komando tugas gabungan dalam proses pengambilan keputusan militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI.

“Meningkatkan kesiapan operasional serta keterpaduan komponen SSAT, sekaligus menguji doktrin operasi gabungan TNI,” jelas Ali dikutip dari keterangan Dispenal.

Baca Juga: Tingkatkan Interoperabilitas, AS dan Sekutu Gelar Latihan Maritim Multilateral di Laut Filipina

Ali melanjutkan, latihan Armada Jaya merupakan bagian penting dari upaya integral dalam pembinaan kekuatan dan pengembangan kemampuan seluruh komponen kekuatan TNI AL.

“Bertujuan untuk menguji keterpaduan komponen SSAT dalam pelaksanaan operasi militer untuk perang yang menjadi salah satu core business TNI AL, sebagai alat pertahanan negara di laut,” kata Ali.

Dalam pelaksanaannya latihan ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu gladi posko dan manuver lapangan (manlap). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER