Selasa, 3 Oktober 2023

Thales Ungkap Indonesia Beli 13 Radar GM 400 Alpha, Apa Kelebihannya?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perusahaan pertahanan asal Prancis, Thales, mengungkapkan Indonesia mememesan 13 radar Ground Master (GM) 400 Alpha, lengkap dengan sistem komando dan kontrol terkait (SkyView), pada Senin (19/6).

Dikutip dari laman Thales, Rabu (21/6), pemesanan 13 radar GM 400 Alpha itu dilakukan oleh perusahaan BUMN bidang produksi peralatan elektronik, PT Len Industri, untuk memperkuat kedaulatan wilayah udara Indonesia.

Dalam kontrak yang bakal berlangsung dalam beberapa tahun ke depan ini, Thales akan membangun radar dan SkyView, sementara PT Len Industri membangun stasiun radar, menyediakan pemasangan, dan integrasi sistem.

Baca Juga: Badak, Ranpur Roda 6 Buatan Pindad yang Memperkuat Satuan Kavaleri

Sebelumnya, kolaborasi kedua perusahaan terjalin sejak November 2022, melalui pembentukan usaha patungan yang akan dimulai dengan pemeliharaan, perbaikan, dan restorasi (MRO) lokal untuk radar yang digunakan oleh TNI AU. Kegiatan ini diproyeksikan mulai beroperasi pada awal 2024.

Keunggulan radar GM 400 Alpha

GM 400 Alpha disebut bakal mampu mendeteksi dini semua jenis ancaman, mulai dari jet, rudal, helikopter, hingga pesawat nirawak. 80 radar ini telah dijual ke 19 negara dan diklaim sebagai radar pengawasan udara jarak jauh terlaris di dunia.

Radar ini terkenal dengan kinerjanya yang dapat mendeteksi ancaman dalam jarak jauh dan ketinggian rendah. Arsitektur digital pada GM 400 Alpha membuat radar ini tangguh terhadap ancaman baru, serangan siber, dan taktik perang elektronik.

Baca Juga: Mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Ini Spesifikasi Pesawat C-17 Globemaster III Milik USAF

Sedangkan SkyView sebagai sistem komando dan kontrol, dapat mengambil gambar wilayah geografis yang luas dan memastikan integrasi penuh Pusat Operasi Udara Indonesia di tingkat lokal, regional, dan nasional.

SkyView menyediakan gambaran pemantauan udara secara 360 derajat yang terintegrasi dan akurat, melalui radar taktis GM 400 Alpha yang mudah diimplementasikan dalam pertempuran. Begitu ancaman udara terdeteksi dan teridentifikasi, efektor yang relevan dapat dipilih dan diaktifkan. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER