Kamis, 30 Mei 2024

Mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Ini Spesifikasi Pesawat C-17 Globemaster III Milik USAF

BACA JUGA

Jakarta, IDM – United States Air Forces (USAF) mengerahkan satu unit pesawat C-17 Globemaster III untuk mengangkut ground crew dan logistik yang dibutuhkan sebagai pendukung pesawat tempur F-16 US PACAF dalam latihan bersama (Latma) Cope West 2023.

Pesawat angkut berat tersebut diketahui mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Sabtu (11/6) lalu. Dalam misi kali ini, C-17 Globemaster III dikerahkan dari Osan Air Force Base (AFB) Korea Selatan dengan pilot in command Ltc. Ream Joshua. Usai menurunkan ground crew dan logistik, pesawat kemudian melanjutkan penerbangan ke Kadena Air Base, Jepang.

Baca Juga: Indonesia-Italia Sepakat Joint Production Kapal Selam Midget, Ini Kecanggihannya

Pesawat C-17 Globemaster III dikenal sebagai pesawat kargo paling fleksibel yang dimiliki oleh Amerika Serikat (AS) saat ini. Lantas bagaimana spesifikasinya?

Pesawat C-17 Globemaster III
(Foto: Dok. Instagram @lanud_roesmin_nurjadin)

Dilansir dari situs resmi US Air Force, pesawat ini dikembangkan oleh militer AS bersama Boeing Integrated Defense System dan melakukan penerbangan perdana pada 15 September 1991. Membahas perihal fungsi, C-17 Globemaster III dapat dikerahkan untuk misi pengangkutan udara, airdrop taktis, mengangkut sampah hingga mengangkut pasien rawat jalan selama evakuasi aeromedis.

Baca Juga: Badak, Ranpur Roda 6 Buatan Pindad yang Memperkuat Satuan Kavaleri

Saat ini, C-17 Globemaster III menjadi pesawat utama dalam misi pengangkutan dan pengamanan Angkatan Udara Amerika Serikat. Hal itu dikarenakan pesawat ini memiliki bentuk yang besar dan ditenagai oleh empat mesin turbofan Pratt & Whitney F117-PW-100.

Selain AS, terdapat delapan negara yang diketahui memiliki pesawat ini. Secara keseluruhan, terdapat 275 unit C-17 Globemaster III yang beroperasi di seluruh dunia. Pengguna terbanyak adalah Angkatan Udara AS dengan 223 unit di 12 pangkalan AS. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER