Selasa, 3 Oktober 2023

Badak, Ranpur Roda 6 Buatan Pindad yang Memperkuat Satuan Kavaleri

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Bulan Januari 2023 lalu, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto resmi menyerahkan kendaraan tempur dan kendaraan taktis buatan PT Pindad kepada TNI AD. Yang menarik, ada satu model kendaraan tempur baru yang memiliki kubah meriam bernama Badak.

Apa kehebatan dari ranpur ini dan bagaimana spesifikasinya?

Baca Juga: Senjata Runduk CheyTac M200, Populer di Dunia Game Namun Tidak di Dunia Nyata

Dilansir situs resmi PT Pindad, Selasa (6/6) Badak adalah kendaraan tempur roda 6 produksi PT Pindad untuk memenuhi kebutuhan operasi TNI dan memperkuat satuan kavaleri.

Ranpur ini dirancang khusus untuk misi pertempuran pada berbagai medan sulit dan sudah teruji untuk dioperasikan pada berbagai kontur wilayah Indonesia.

Badak memiliki dimensi panjang kendaraan sebesar 5,7 meter, lebar 2,7 meter dan tinggi 2,7 meter. Kendaraan ini menggunakan mesin Diesel 6 Silinder Turbo Charger Intercooler bertenaga 340 HP, Badak mampu melaju hingga kecepatan 80km/jam. Dengan bobot 17 Ton, Badak tetap mampu bermanuver secara gesit dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer.

Baca Juga: Indonesia-Italia Sepakat Joint Production Kapal Selam Midget, Ini Kecanggihannya

Selain kelebihan dalam mobilisasi, Badak mampu menahan gempuran munisi kaliber kecil melalui proteksi STANAG 4569 level 3 sistem pertahanan anti-balistik dan kaca anti peluru. Ranpur Badak juga memiliki smoke grenade launcher dengan fungsi menciptakan tabir untuk menyamarkan keberadaan dan menutupi pergerakan kendaraan. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER