Rabu, 24 April 2024

Tertunda Empat Tahun, Angkatan Udara Australia Kembali Gelar Latihan Pitch Black

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Setelah tertunda empat tahun, Angkatan Udara Australia akan kembali menggelar latihan Pitch Black 2022 (PBK22) yang terdiri dari 100 pesawat dan 2.500 personel militer Angkatan Udara dari 17 negara.

Kementerian Pertahanan Australia mengatakan, digelarnya Pitch Black 2022 dalam rangka melanjutkan latihan militer dengan negara-negara Indo-Pasifik. Ke-17 negara yang ikut serta, yaitu Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Indonesia, India, Jepang, Malaysia, Belanda, New Zealand, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Thailand, the UAE, Inggris, dan Amerika Serikat.

Direktur PBK22 Kapten Peter Wood mengaku senang melihat kembalinya Pitch Black setelah istirahat panjang sejak 2018 lalu.

“Partisipasi internasional dalam latihan Pitch Black, dari dalam kawasan Indo-Pasifik dan lebih jauh ke luar negeri, memberikan pengalaman kepada semua personel negara dalam bekerja dengan pesawat terbang, sistem dan praktik kerja, di lingkungan unik Australia utara, yang sebelumnya tidak akan dikenal,” kata Peter, seperti dilansir dari Defence Aviation Post, Kamis (4/8).

“Latihan bersama dengan mitra internasional kami dalam operasi tempur udara gabungan sangat penting untuk memastikan Angkatan Udara tetap siap untuk merespons kapan pun pemerintah Australia membutuhkannya,” imbuhnya.

Pada latihan 2018, yang berlangsung dari 27 Juli-17 Agustus, Angkatan Udara yang berpartisipasi adalah Australia, Kanada, Prancis (Kaledonia Baru), Luftwaffe, Belanda, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan India.

Pada kesempatan tersebut, Angkatan Udara India dan TNI AU mengambil bagian dalam latihan untuk pertama kalinya.

Kala itu, kontingen India terdiri dari 145 personel, empat pesawat tempur Su-30MKI, satu pesawat angkut C-130 dan satu C-17 yang terbang ke Australia melalui Indonesia dan menjalin hubungan konstruktif dengan angkatan udara Indonesia dan Malaysia selama transit. Namun, karena pandemi Covid-19, latihan Pitch Black pada 2020 dibatalkan pada menit terakhir. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER