Sabtu, 2 Maret 2024

Tambah Kekuatan Personel, TNI AU Lantik 500 Siswa Lulusan Semata PK Angkatan ke-85

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalhadi melantik 500 siswa lulusan Sekolah Pertama Tamtama (Semata) PK angkatan ke-85 dalam upacara Penutupan Pendidikan, Pelatihan dan Pengambilan Sumpah Prajurit Siswa yang digelar di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jumat (25/8).

Kepada ratusan Tamtama, Tedi berpesan agar mereka selalu taat serta patuh pada semua peraturan dan tata tertib yang melekat.

Pasalnya, usai pelantikan dan pengambilan sumpah ini, mereka sudah bukan lagi warga sipil, melainkan telah berstatus sebagai anggota militer atau prajurit TNI.

Baca Juga: Pesan Danlanud Halim Perdanakusuma kepada Personel Skadud 17: Jadi Prajurit Profesional Seiring Dinamika Tugas

“Saat ini saudara sudah terikat dengan aturan yang ketat dan tidak dapat seenaknya. Harus patuh dan taat kepada norma-norma kehidupan serta jati diri seorang prajurit TNI,” tegas Komandan Kodiklatau.

Dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) yang kini diemban, Komandan Kodiklatau juga berharap ratusan Tamtama dapat meningkatkan kemampuan diri, pengetahuan, serta keterampilan yang dimiliki sehingga kelak mereka dapat tumbuh menjadi prajurit yang andal serta profesional.

Demo ketangkasan
Demo ketangkasan yang dipertunjukkan oleh para mantan prajurit siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-85. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Sebelum dilantik sebagai personel TNI AU, mereka terlebih dahulu mengenyam pendidikan selama 5 bulan di Skadron Pendidikan (Skadik) 403 dan di bawah pimpinan Letkol Kes Bakti Joko.

Adapun satu siswa yang terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Prada Hironimus Ronaldo Milo Djawa dari Kupang.

Baca Juga: Lanud Atang Sendjaja Pamerkan Helikopter hingga Rantis dalam Open Base Festival Merah Putih 2023

Melansir keterangan TNI AU dalam keterangan foto yang diunggah di instagram @militer.udara dijelaskan, pendidikan Semata merupakan jenjang pendidikan awal yang bertujuan untuk membentuk prajurit TNI AU agar memiliki sikap, mental dan kepribadian yang baik; serta memiliki intelektual dan kesemaptaan jasmani yang sesuai dengan karakter, peran, dan golongan/strata kepangkatan.

Keselurahan poin tersebut harus dilandasi dengan jiwa Pancasila, Saptma Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

Setelah ini, mereka akan mengikuti pendidikan kejuruan sesuai dengan korps masing-masing, di antaranya korps teknik, elektronika, perbekalan, Pomau, administrasi, khusus, dan kesehatan. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER