Sabtu, 20 April 2024

Lanud Atang Sendjaja Pamerkan Helikopter hingga Rantis dalam Open Base Festival Merah Putih 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Lanud Atang Sendjaja bekerja sama dengan panitia Festival Merah Putih menggelar open base di shelter Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Ats, Bogor, Sabtu (26/8).

Kegiatan ini masih menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-78 RI yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bogor dan sekitarnya. Komandan Lanud (Danlanud) Ats Marsma TNI M. Taufiq Arasj mengatakan jika kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang positif untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap dirgantara Indonesia.

Baca Juga: KSAU Dianugerahi Gelar Kehormatan Ksatria Padma Dirgantara

Berbagai kegiatan demo udara dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dihadirkan dalam open base kali ini, di antaranya aksi terjun payung dari Helikopter EC-725 Caracal dengan membawa bendera Merah Putih.

Selain demo udara, Lanud Ats juga menggelar static show sehingga masyarakat dapat melihat langsung beragam jenis helikopter dan kendaraan taktis (rantis) yang digunakan oleh para prajurit TNI AU.

open base
Aksi terjun payung pada kegiatan open base yang digelar di Lanud Atang Sendjaja Bogor. (Foto: Dok. Dispenau)

Melansir keterangan Penerangan Lanud Ats, Minggu (27/8) disebutkan, alutsista yang dipamerkan antara lain Helikopter NAS-332 Super Puma yang sehari-hari dioperasionalkan oleh Skadron Udara 6 dan Helikopter EC-725 AP Caracal asal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja.

Selanjutnya terdapat Helikopter AS 365 N3+ Daupin serta Helikopter BO-105 Bolkow milik Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja; dan Helikopter EC-120B Colibri dari Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma.

Baca Juga: Pesan Danlanud Halim Perdanakusuma kepada Personel Skadud 17: Jadi Prajurit Profesional Seiring Dinamika Tugas

Sementara itu, rantis yang dipertunjukkan adalah rantis milik Satuan Bravo 90 Pasgat yang meliputi MIT ARES, All Terrain Assault Vehicle (P6 ATAV) dan EOD Jihandak. Selanjutnya terdapat rantis PJD V8 asal Batalyon 14 Kopassus dan APC Turangga 4×4 dari Kompi C Batalyon 461 Kopasgat.

Kemudian, Resimen II Paspelopor Brimob menghadirkan Barracuda, Rantis Patroli Jarak Jauh (PJJ), serta Rantis Wolf. Adapun Fasida Bogor turut memamerkan 1 unit Paramotor, 1 unit Paratrike dan 1 unit Trike. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER