Senin, 15 April 2024

Swedia Mendakwa Warga Negaranya yang Bekerja untuk Badan Intelijen Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Swedia telah mendakwa seorang warga negara kelahiran Rusia karena telah bekerjasama dalam mengumpulkan informasi khusus untuk Badan Intelijen GRU selama hampir satu dekade.

Dilansir dari AP, Senin (28/8), otoritas hukum Swedia mengatakan bahwa Sergey Skvortsov (60) telah melakukan kegiatan ilegal yang berlawanan dengan ketentuan hukum dan bekerjasama dengan pihak asing yaitu GRU, sebuah Badan Intelijen Rusia yang berdiri sejak tahun 90-an.

Baca Juga: Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, Singapura dan Cina akan Gelar Latihan Militer

“Skvortsov mulai 1 Juli 2014 hingga November 2022, secara diam-diam dan/atau menggunakan cara ilegal melakukan aktivitas untuk Rusia, dengan tujuan memperoleh informasi tentang suatu kondisi yang pengungkapannya kepada kekuatan asing dapat membahayakan keamanan Swedia,” tulis dakwaan pengadilan Swedia.

Lebih lanjut, Jaksa Henrik Olin menyebut Skvortsov menggunakan bisnis ekspor-impornya untuk memperoleh teknologi secara ilegal dan menyerahkannya kepada GRU. Selama menjalani bisnisnya, ia juga menggunakan indentitas palsu.

“Bisnis (Skvortsov) ini terdiri dari pengumpulan data dalam bentuk informasi maupun berbagai objek yang tidak dapat diperoleh oleh Angkatan Bersenjata Rusia karena peraturan dan sanksi ekspor di pasar internasional,” kata Henrik Olin.

Baca Juga: Rusia Klaim Tembak Jatuh Drone Ukraina yang Mendekati Moskow

Skvortsov sendiri telah tinggal di Swedia selama 25 tahun dan resmi menjadi warga negara Swedia sejak 2012. Sebelumnya, ia ditangkap bersama istrinya di Nacka, Swedia pada November tahun lalu. Ia pun ditahan sejak penangkapannya tetapi bersikeras menyangkal melakukan kesalahan apa pun. Sementara, istrinya dibebaskan tanpa tuduhan setelah penyelidikan oleh otoritas keamanan Swedia.

Proses pengadilan Skvortsov akan dimulai pada 4 September mendatang. Jika terbukti bersalah, Skvortsov akan menghadapi hukuman enam tahun penjara. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER