Jumat, 1 Desember 2023

Prancis Tegaskan Kedaulatan di Indo-Pasifik dalam Misi Jeanne d’Arc

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kelompok kadet Angkatan Laut Prancis, Jeanne d’Arc, memiliki sejumlah misi penting selama 155 hari pelayaran keliling dunia. Salah satunya untuk menjamin kedaulatan Prancis di wilayah seberang lautan.

“Misi ini juga kesempatan untuk menegaskan kembali kepentingan Prancis di Indo-Pasifik dan perhatian kami terhadap stabilitas kawasan tersebut,” ungkap Komandan Jeanne d’Arc Kapten Emmanuel Mocard di atas dek kapal Dixmude, Tanjung Priok, Selasa (28/3).

Baca Juga: Menhan Prabowo Hadiri Acara Penyerahan Zakat di Istana

Selain itu, misi Jeanne d’Arc juga bertujuan turut serta dalam operasi keamanan maritim, seperti pemberantasan bajak laut di Samudra Hindia (Opération Atalante) dan memperkuat kerja sama militer dengan sejumlah negara mitra yang menjadi tempat singgah dalam pelayaran tersebut.

“Seperti diketahui, kami (Prancis) memiliki banyak wilayah di seberang laut, seperti Kaledonia Baru, Polinesia, dan Mayotte,” ujarnya.

Baca Juga: Singgah di Jakarta, Inilah Spesifikasi Kapal LHD Dixmude Prancis

Sebelumnya, Jeanne d’Arc melakukan pelayaran keliling dunia sejak Februari-Juli 2023. Indonesia menjadi tujuan keempat dalam perjalanannya. Kapal LHD Dixmude (L9015) dan fregat siluman La Fayette (F710) berangkat dari Toulon, Prancis, pada 8 Februari lalu.

Kemudian, perjalanan mereka berlanjut ke Djibouti (Afrika Timur), Koichi (India), Singapura, Jakarta (Indonesia), Townsville (Australia), Noumea (Kaledonia Baru), Fiji (Republik Fiji), Tonga, Papeete (Pulau Tahiti), Acapulco (Meksiko), Pointe-A-Pitre (Guadeloupe), dan kembali ke Prancis. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER