Selasa, 27 Februari 2024

Polandia Akan Kirim Tank Leopard ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Polandia berencana untuk mengirim 14 tank Leopard 2 ke Ukraina sebagai bagian dari koalisi internasional. Hal ini dilakukan setelah Kiev menyerukan sekutunya untuk mengerahkan bantuan militer tambahan termasuk tank untuk pertempuran darat di wilayah Ukraina Timur.

Dilansir dari Reuters, Kamis (12/1), “Kompi tank Leopard 2 akan diserahkan sebagai bagian dari pembangunan koalisi. Kami ingin itu menjadi koalisi internasional,” ujar Presiden Polandia Andrzej Duda dalam konferensi pers setelah pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Lithuania Gitanas Nausėda di kota Lviv.

Duda mengatakan bahwa ia berharap tank Polandia bersama dengan tank dari negara lain akan dikirim dengan segera ke Ukraina. Menurutnya, koalisi internasional khususnya terkait komitmen membantu Ukraina menjadi hal penting yang diprioritaskan karena satu negara saja tidak akan dapat menyediakan jumlah tank yang cukup untuk melawan invasi Rusia.

Sementara itu, pengiriman tank tempur Leopard 2 perlu melalui serangkaian persyaratan dan persetujuan formal dari Jerman sebagai negara asal produksi. Sebelumnya, pemerintah Polandia mengkritik Jerman karena lambannya keputusan memasok persenjataan berat untuk mendukung Ukraina.

Baca: AS akan Bentuk Resimen Litoral Marinir di Okinawa untuk Hadapi Cina

“Perlu mendapatkan persetujuan resmi dan membangun koalisi internasional. Kami memutuskan untuk membentuk kompi Leopard pertama, bersama dengan jenis tank lainnya, diharapkan akan segera disediakan oleh negara lain untuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina,” ujar Duda. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER