Selasa, 28 Mei 2024

AS akan Bentuk Resimen Litoral Marinir di Okinawa untuk Hadapi Cina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana membentuk satu unit baru Korps Marinir Litoral yang ditempatkan di Provinsi Okinawa, Jepang selatan. Unit itu dirancang guna merespons ancaman militer terhadap pulau-pulau terpencil di wilayah tersebut.

Dilansir dari AP, Rabu (11/1), Pemerintah Jepang dan AS akan mengesahkan rencana tersebut dalam “two plus two” antar menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara di Washington. Langkah itu dilakukan di tengah meningkatnya kehadiran Cina di Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan.

“Para pemimpin akan membahas visi bersama kami tentang aliansi modern yang akan mengatasi tantangan abad ke-21 di Indo-Pasifik dan di seluruh dunia. Cina pasti akan menjadi topik diskusi dengan sekutu Jepang kami selama pertemuan konsultasi minggu ini,” ujar Sekretaris Pers Pentagon Brigjen Jenderal Pat Ryder.

Baca: Hadapi Tantangan Regional, NATO dan UE Bentuk Deklarasi Keamanan Bersama

Cina telah meningkatkan ketegasan militernya di Laut Cina Timur dan Selatan. Kapalnya berulang kali memasuki perairan teritorial Jepang di sekitar Kepulauan Senkaku, sekelompok pulau tak berpenghuni yang dikendalikan oleh Jepang namun diklaim oleh Cina yang mereka sebut sebagai Pulau Diaoyu.

Rencananya resimen litoral AS akan terdiri dari sekitar 2000 marinir, termasuk tim tempur dengan senjata rudal anti kapal, batalion logistik dan batalion pertahanan udara. Pembentukan unit baru ini juga merupakan bagian dari reorganisasi Korps Marinir AS di kawasan yang rentan dari ancaman. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER