Senin, 27 Mei 2024

Pesawat Tempur KAAN Berhasil Terbang Perdana

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Turki sukses menerbangkan pesawat tempur stealth KAAN untuk pertama kalinya pada beberapa waktu lalu. Keberhasilan itu menjadi tonggak penting dalam upaya modernisasi Turki.

Berdasarkan video yang dibagikan oleh Turkish Aerospace Industries atau TUSAS di media sosial X, dilansir Kamis (22/2), KAAN nampak terbang lepas landas dan kemudian kembali ke pangkalan udara di utara Ankara.

Baca Juga: Swedia akan Kirim Bantuan Militer Senilai $682 juta ke Ukraina

“KAAN berhasil menyelesaikan penerbangan pertamanya. Semoga itu baik untuk negara kita!” tulis TUSAS.

Pencapaian itu membuat Turki menjadi salah satu yang terdepan memiliki pesawat canggih generasi kelima, yang proyeknya dimulai tahun 2017 melalui kesepakatan dengan BAE Systems Inggris (BAES.L) senilai $125 juta.

Baca Juga: Badan Pengawas Nuklir PBB: Aktivitas Pengayaan Nuklir Iran Tinggi

Melansir Aerotime, penerbangan pertama yang berlangsung selama 11 menit ini mencapai ketinggian 8.000 kaki (2.400 meter) dan kecepatan 230 knot (425 kilometer per jam). KAAN dirancang dengan kemampuan untuk melaksanakan misi udara-ke-udara, udara-ke-darat, dan perang elektronik.

Pesawat dengan panjang 22 meter, rentang sayap 14 meter, dan tinggi 6 meter ini dilengkapi sistem radar active electronically scanning array (AESA), supercruise, dan kemampuan data link tingkat lanjut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER