Sabtu, 25 Mei 2024

Mesir Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Angkatan Laut dengan Arab Saudi dan Qatar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebagai negara timur tengah yang memiliki kondisi geografis serupa, Mesir berupaya untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Arab Saudi dan Qatar. Kerja sama itu berfokus pada menambah kekuatan Angkatan Laut dalam menghadapi tantangan keamanan regional.

Dilansir dari Egypt Today, Rabu (24/5), Panglima Angkatan Laut Mesir Ashraf Atwa, bertemu dengan mitranya dari Arab Saudi Letnan Jenderal Fahd Al-Ghofaily dan komandan Qatar, Mayor Jenderal Abdullah Hassan Al-Sulaiti secara terpisah di markas besar Angkatan Laut Mesir, Alexandria.

Baca Juga: Kodim 0502 Jakarta Utara Raih Rekor MURI Bangun Museum Pertama dari Peti Kemas

Dalam dua pertemuan itu, komandan Saudi dan Qatar mengunjungi sejumlah kapal tempur Mesir dan berdiskusi perihal kemampuan sistem persenjataan yang dimiliki.

Mesir juga mendorong peningkatan kerja sama pertahanan melalui latihan bersama dan berbagi pengalaman militer dengan masing-masing negara.

Baca Juga: Prajurit Dislambair Asah Kemampuan Khusus Underwater Cutting and Welding

“Selama dua kunjungan, angkatan laut Mesir sepakat melakukan pelatihan dan berbagi informasi terkait sistem persenjataan angkatan dengan Arab Saudi dan Qatar,” tulis Angkatan Laut Mesir.

Hubungan bilateral Mesir dan Qatar telah semakin erat setelah berakhirnya boikot selama 2,5 tahun pada Januari 2021. Kala itu, Qatar dijatuhkan sanksi karena disebut mendukung gerakan terorisme. Begitu pun dengan Riyadh, Mesir telah menjalin berbagai kerja sama termasuk industri pertahanan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER