Menilik Sejarah Tanda Pengenal Pesawat TNI AU

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Setiap pesawat militer harus memiliki tanda pengenal yang berfungsi sebagai tanda kebangsaan (nationality mark). Tanda pengenal tersebut kerap dikenal dengan sebutan roundel.

Betuk roundel pesawat militer setiap negara pun beragam. Sebagai contoh, roundel pesawat militer Prancis yang memiliki desain roundel berbentuk lingkaran dengan kombinasi warna bendera Prancis yakni biru, putih dan merah.

Lantas, bagaimana dengan roundel pesawat TNI AU milik Indonesia?

Menilik sejarah, tanda pengenal pada pesawat TNI AU sempat mengalami sejumlah perubahan. Melansir akun instagram resmi TNI AU, @militer_udara, Senin (23/1), pada tahun 1945 sampai 1948 roundel pesawat TNI AU berbentuk lingkaran dan berwarna merah putih.

Namun, roundel tersebut berubah pada tahun 1950. Saat itu, pesawat TNI AU memiliki roundel dengan bentuk persegi panjang berwarna merah putih, sama seperti bendera Indonesia.

Kemudian, pergantian roundel kembali dilakukan pada masa Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Komodor Soerjadi Soerjadarma di tahun 1954.

Baca: TB Simatupang Jadi Kepala Staf Angkatan Perang di Usia 30 Tahun

Tanda pengenal di pesawat TNI AU berganti menjadi bentuk segi lima merah putih yang sekaligus memberi makna Pancasila (lima dasar). Perubahan roundel ini didasari oleh Surat Keputusan Nomor: 8/5/Pen/KS/1954.

Sejak saat itu, tanda pengenal pesawat yang berbentuk segi lima merah putih masih digunakan di semua pesawat TNI AU. Roundel ini umumnya terdapat di sebelah kiri dan kanan badan pesawat. (yas)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER