Sabtu, 15 Juni 2024

Mengenal Vespa Anti Tank Legendaris Milik Prancis di Tahun 1950

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Mungkin Anda tidak percaya bahwa di tahun 1950 pasukan Lintas Udara (Linud) Prancis pernah menggunakan motor Vespa produk Italia jadi salah satu alutsista andalannya. Vespa tersebut bernama Vespa ACMA 150 TAP.

Vespa ini dimodifikasi perusahaan Perancis, Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles (ACMA) dan mulai digunakan pasukan Linud Perancis pada tahun 1956 hingga 1959. Tipe skuter yang digunakan mencomot Vespa model VB1T yang populer di kalangan sipil. Dengan mesin dua tak dan kapasitas mesin 150 cc, Vespa tempur yang memudahkan pergerakan pasukan linud ini dapat melaju hingga kecepatan 60 km per jam.

Baca Juga: Lanud Raden Sjadad, Benteng Pertahanan Negara yang Dibangun dari Keringat Prajurit dan Rakyat

Untuk senjatanya digunakan recoilless rifle M20 kaliber 75 mm buatan Amerika Serikat. Dengan senjata tersebut, bila menggunakan proyektil HEAT, maka dapat menembus lapisan baja setebal 100 mm.

Vespa
Vespa ACMA 150 TAP yang pernah digunakan Linus Prancis di tahun 1950 an. (Foto: Twitter @RandomWorldWar)

Dalam gelar operasinya, Vespa 150 TAP ini diterjunkan dengan parasut. Polanya untuk setiap satuan tembak diterjunkan dua Vespa, dimana satu Vespa dilengkapi senjata tanpa bolak balik (STTB) dan satu Vespa lainnya membawa amunisi. Tentunya kedua proses penerjunan tersebut bersamaan dengan penerjunan dua bikers sekaligus pengawak STTB.

Baca Juga: 77 Tahun Menjaga Kedaulatan Indonesia, Ini Kilas Balik Lahirnya TNI AU

Dalam proses menembaknya senjata pada Vespa tersebut dipasang tripod milik senapan mesin M1917 Browning agar tepat pada bidikan. Tapi dalam keadaan darurat, senjata tanpa tolak balik ini bisa ditembakkan dari frame skuter, bahkan kabarnya saat skuter sedang bergerak sekalipun. (Dari berbagai sumber/rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER