Jumat, 19 April 2024

KRI Diponegoro-365 Unjuk Kemampuan dalam Tripartite Exercise di Laut Mediterania

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Diponegoro-365 menjadi perwakilan unsur Maritime Task Force (MTF) 448 dalam mengikuti Tripartite Exercise di Area of Maritime Operation Laut Mediterania, Lebanon, Rabu (28/2).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (1/3), latihan bersama ini dilaksanakan antara tiga belah pihak yaitu Angkatan Laut Prancis (French Navy), Angkatan Laut Lebanon (LAF Navy), dan unsur MTF 448 yang diwakilkan oleh TNI AL.

Baca Juga: Prajurit Lanal Dumai Gagalkan Percobaan Pencurian Kapal Bahama di Selat Malaka

Beberapa kapal perang yang terlibat latihan meliputi satu fregat, yaitu FS Provence D-652 (Prancis); satu korvet KRI Diponegoro-365 (Indonesia); satu kapal patroli cepat Tabarja-42 (Lebanon); dan satu kapal jenis landing craft Sour-21 (Lebanon).

KRI Diponegoro-365
(Foto: Dok. Dispenal)

Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menyampaikan penunjukan sebagai wakil MTF 448 dalam latihan tersebut merupakan suatu bukti kepercayaan dari MTF Commander.

Baca Juga: Berhasil Tangkap KKB, 6 Prajurit Marinir Dapat Penghargaan dari KSAL

KRI Diponegoro-365
(Foto: Dok. Dispenal)

“Ini bukti kepercayaan dari MTF Commander akan kemampuan platform, sensor, senjata serta pengawak KRI Diponegoro-365 yang dinilai mumpuni dalam melatih LAF Navy sesuai mandat dalam resolusi PBB,” ujar Wirastyo yang sebagai Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL.

Ia juga mengungkapkan, gelaran latihan bersama ini diharapkan dapat melatih dan meningkatkan kemampuan TNI AL dan sejumlah angkatan laut negara sahabat dalam suatu operasi laut untuk mengamankan teritorialnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER