Jumat, 19 April 2024

Kopassus Akan Gelar Latma Tiger Bersama Royal Thai Army Special Forces

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal (Mayjen) Deddy Suryadi memastikan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat (AD) akan menggelar latihan bersama (latma) dengan Royal Thai Army Special Forces atau pasukan khusus Angkatan Darat Thailand pada tahun ini.

Rencana itu dibahas saat Chief of Army Royal Thai Army atau Panglima Militer Thailand Jenderal Narongpan Jittkaewtae berkunjung ke Markas Kopassus di Jakarta Timur, beberapa hari lalu.

“Jadi, kemarin dalam rangka pertemuan, diskusi bagaimana kerja sama militer antara Indonesia dengan Thailand, termasuk juga dengan apa yang harus kami latihkan dengan situasi dan kondisi yang update saat ini,” kata Danjen Kopassus di Green Terrace TMII, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Kompas, Jumat, (28/7).

Baca Juga: Dua Mahasiswa Unjani Wisuda di Medan Operasi Intan Jaya

Deddy mengungkapkan, latihan bersandi Latma Tiger itu rencananya akan digelar di Indonesia.

Ia mengatakan bahwa Latma Tiger merupakan kegiatan rutin antara Kopassus dan pasukan khusus AD Thailand.

“Jadi kami misalkan tahun ini (latma) di Indonesia, tahun depan di Thailand,” ujar Deddy.

Saat ini, Deddy mengatakan, kedua pihak sedang menggelar initial planning conference untuk mematangkan materi Latma Tiger 2023.

“Yang harus didiskusikan, materi, waktu, dan tempatnya,” kata Deddy.

Baca Juga: Daftar Alutsista TNI AL Dikerahkan di Latgab TNI 2023, Ada Kapal Perusak Kawal Rudal

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Latma Tiger merupakan latihan rutin antara Kopassus dan Royal Thai Army Special Forces (RTASF).

Latma itu bertujuan meningkatkan pengetahuan dan bertukar pengalaman sebagai bekal di medan operasi.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik antara Kopassus TNI AD dengan RTASF, serta kerjasama antara Indonesia dan Thailand. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER