Sabtu, 25 Mei 2024

Kerahkan Pesawat Tempur Su-27/30 dan C-130 Hercules, TNI AU Gelar Latihan Air Refueling

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) pada 28 hingga 31 Agustus 2023.

Adapun unsur alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dikerahkan dalam latihan kali ini adalah pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 dari Skadron Udara 11 dan pesawat angkut C-130 Hercules asal Skadron Udara 32.

Baca Juga: Panglima Koopsudnas: Penggunaan Satelit Pertahanan Penting untuk Menghadapi Kompleksitas Ancaman

Kedua jenis pesawat tersebut mengudara dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 dan pesawat angkut C-130 Hercules saat melakukan latihan air refueling.
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Latihan pengisian bahan bakar di udara bertujuan untuk meningkatkan kemampuam para penerbang tempur dan penerbang C-130 Hercules dalam teknik air refueling saat melaksanakan operasi yang jauh dari pangkalan udaranya,” tulis TNI AU dikutip dari instagram @militer.udara, Jumat (1/9).

Baca Juga: Panglima Kostrad Terima Courtesy Call Singapore Army 3rd Division Commander

Teknik pengisian bahan bakar di udara dilakukan untuk menambah jarak tempuh/jelajah pesawat. Jika seorang fighter (penerbang tempur) memiliki kemampuan air refueling maka ia tidak perlu kembali ke pangkalan udara untuk mengisi bahan bakar di tengah pelaksanaan misi.

Selain menambah daya jelajah/tempur, teknik yang sama juga dapat menambah daya angkut pesawat. Dalam penerbangan, sebuah pesawat memiliki kemampuan terbatas untuk mengangkut muatan yang kerap dikenal dengan istilah MTOW (maximum take off weight). (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER