Sabtu, 20 April 2024

Keliling Dunia Selama Tujuh Bulan, Ini Rute yang Dilalui KRI Bima Suci

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Bima Suci melakukan sejumlah persiapan untuk menjalankan ekspedisi pelayaran muhibah Kartika Jala Krida (KJK) 2022 di dermaga Madura Timur, Ujung Surabaya, Sabtu (1/4).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Minggu (2/4), persiapan bertujian memastikan kapal tersebut siap mengikuti sejumlah kegiatan internasional, seperti ASEAN Cadet Sail, L’Armada di Prancis, Tall Ships Race di Belanda, Inggris, Norwegia dan Skotlandia serta Hanse Sail di Jerman.

Baca Juga: Aspotmar KSAL Sampaikan Potensi Kelautan di Pulau Sekatung Natuna

Kesiapan dan latihan pun sudah mulai dipersiapkan dengan matang agar rencana pelayaran dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan dan aman.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut mulai dari peremajaan peralatan, pembersihan kapal, pemenuhan bekal logistik, latihan peran-peran kapal dan kegiatan lain yang menunjang pelayaran Satgas KJK 2023.

Baca Juga: Danjen Kopassus Hadiri Seminar Delegasi Pasukan Khusus SOFINS 2023 di Bordeaux

Kartika Jala Krida adalah praktik berlayar taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) menggunakan kapal latih KRI Bima Suci. Tahun ini pelayaran muhibah akan menempuh rute pelayaran ke sejumlah negara selama 214 hari atau sekitar tujuh bulan, mengarungi benua Asia, Afrika dan Eropa dengan jarak tempuh 25.869 mil laut.

Rute yang akan dilalui adalah Surabaya–Batam–Srilanka (Colombo)–Oman (Salalah)–Arab Saudi (Jeddah)–Mesir (Alexandria)–Algeria (Algiers)–Prancis (Rouen)–Prancis (Brest)–Belanda (Den Helder)–Inggris (Hartepool)–Norwegia (Fredrikstad)–Inggris (Lerwick)–Norwegia (Arendal)–Jerman (Rostok)–Spanyol (Vigo)–Tunisia (Tunis)–Mesir (Port Said)–Arab Saudi (Jeddah)–India (Cochin) dan tiba kembali di Indonesia pada November 2023. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER