Selasa, 27 Februari 2024

Puluhan Pesawat Tempur TNI AU Mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Ada Apa?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma tampak ramai dengan barisan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (TNI AU), mulai dari pesawat tempur F-16 Fighting Falcon hingga pesawat tempur EMB-314 Super Tucano. Puluhan elang besi tersebut mengudara dari sejumlah skadron udara TNI AU yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Yang terbaru, Lanud Halim Perdanakusuma kedatangan sembilan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dan tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Sabtu (1/4).

Danskadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Letkol Pnb Sandhra Gunawan bertindak sebagai flight leader bagi sembilan pesawat EMB-314 Super Tucano dengan call sign Tucano Flight.

Baca Juga: Danjen Kopassus Hadiri Seminar Delegasi Pasukan Khusus SOFINS 2023 di Bordeaux

Sementara itu, tiga pesawat F-16 Fighting Falcon yang tergabung dalam Dragon Flight dipimpin oleh Letkol Pnb Pandu Eka Prayoga, Danskadron Udara 3 Lanud Iswahjudi.

Sebelumnya, sebelas pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru telah terlebih dahulu mendarat di lokasi yang sama.

F-16
Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan saat tiba di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: Dok. Dispenau)

Kehadiran puluhan elang besi milik TNI AU ini merupakan bagian dari persiapan demo udara yang akan disuguhkan pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU.

Wakil KSAU Marsdya TNI A. Gustaf Brugman didampingi sejumlah pejabat utama TNI AU menyambut langsung kehadiran mereka di Jakarta. Kepada para penerbang, Gustaf berpesan agar mereka dapat memberikan penampilan yang terbaik.

Baca Juga: Keliling Dunia Selama Tujuh Bulan, Ini Rute yang Dilalui KRI Bima Suci

“Momen peringatan HUT ke-77 TNI AU ini merupakan ajang pembuktian dan tanggung jawab TNI AU kepada masyarakat Harapan saya dan para pimpinan, kalian bisa memberikan yang terbaik dengan penuh rasa tanggung jawab,” ungkap Gustaf dikutip dari keterangan Dispenau, Minggu (2/4).

Wakil KSAU berpesan agar para penerbang dapat mengutamakan faktor keselamatan terbang dan kerja, baik pada saat gladi maupun pada saat demo udara.

“Hari Senin sudah mulai cek rute, tetap jaga kesehatan dan keselamatan masing masing, walaupun puasa tetap semangat,” pesannya. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER