Sabtu, 20 April 2024

Kapal Perang Angkatan Laut AS Tembak Jatuh Drone di Laut Merah, Diduga Berasal Dari Yaman

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menembak jatuh sebuah drone yang sedang menuju ke arah kapal itu saat kapal berlayar di Laut Merah. Drone itu diyakini terbang dari Yaman.

Dilansir dari AP, Kamis (16/11), USS Thomas Hudner dilaporkan sedang berlayar menuju selat Bab-el-Mandeb ketika awak kapal melihat drone meluncur dari arah Yaman. Mereka pun langsung menembak jatuh drone tersebut.

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB Serukan Jeda Konflik di Gaza, Demi Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Otoritas AS mengatakan awak kapal melakukan tindakan itu untuk menjamin keselamatan para personel dan tidak ada korban jiwa atau kerusakan. Mereka menduga drone itu kemungkinan menargetkan kapal tersebut.

Kejadian itu terjadi kurang dari seminggu setelah kelompok Houthi menembak jatuh drone AS di Laut Merah. Houthi mengklaim drone itu berada di wilayah udara Yaman sehingga menjadi sasaran sistem pertahanan udara.

Baca Juga: Dikecam Cina, Filipina Tegaskan akan Terus Beroperasi di Laut Cina Selatan

Sebelumnya, Kapal perusak Angkatan Laut lainnya, USS Carney, juga telah melakukan serangan serupa terhadap drone yang datang dari Yaman pada 19 Oktober lalu. Kapal itu menghancurkan tiga rudal dan beberapa drone. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER