Senin, 27 Mei 2024

Jepang dan AS Sepakat Kembangkan Rudal Pencegat Senjata Hipersonik

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk bekerja sama membangun rudal jenis baru dengan kemampuan mencegat senjata hipersonik, sekaligus dirancang untuk menyaingi Cina yang diyakini juga membangun rudal hipersonik serupa.

Dilansir dari The Japan Times, Selasa (22/8), kesepakatan itu diraih saat Perdana Menteri Fumio Kishida dan Presiden AS Joe Biden bertemu di sela-sela KTT di Camp David pada beberapa waktu lalu. Rencananya, proyek rudal itu akan selesai pada tahun 2030-an.

Baca Juga: Korsel Sebut Korut Berupaya Retas Data Intelijen Militer

Rudal hipersonik diproyeksikan mampu terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 5, atau lima kali kecepatan suara. Rudal itu dapat bermanuver dan mengubah arah selama penerbangan, sehingga lebih sulit untuk ditembak jatuh atau dilacak oleh radar.

Selain AS dan Jepang, KTT itu juga melibatkan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol. Mereka pun menyadari perlunya meningkatkan tindakan pencegahan di tengah meningkatnya tantangan keamanan. Seperti dari Cina yang terus meningkatkan postur kekuatan dalam mengklaim sepihak wilayah-wilayah di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Akan Menerima Bantuan Pesawat Tempur F-16, Zelensky Optimis Pukul Mundur Rusia

“Tindakan berbahaya dan agresif yang baru-baru ini kami saksikan oleh Republik Rakyat Tiongkok dalam mendukung klaim teritorial maritim ilegalnya di Laut Cina Selatan, kami sangat menentang setiap upaya untuk mengubah status quo secara sepihak di perairan Indo-Pasifik,” tulis pernyataan bersama ketiga negara tersebut.

Selain itu, Rusia juga disebut telah memperkuat kerja sama militer dengan Cina melalui latihan Angkatan Laut bersama di sekitar Laut Jepang. Tindakan konfrontatif Korea Utara (Korut) turut menjadi ancaman sekutu karena semakin mengembangkan teknologi rudal dan nuklir jarak jauh. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER