Jumat, 14 Juni 2024

Inggris Beli 14 Helikopter CH-47F (ER) senilai 1,4 miliar Poundsterling

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Inggris telah sepakat untuk membeli 14 Helikopter Angkut Berat CH-47F (ER) buatan Boeing senilai 1,4 miliar Poundsterling (atau sekitar 1,7 miliar USD). Pembelian tersebut merupakan bagian dari upaya modernisasi alutsista Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF).

Dilansir dari Des.mod.uk, Jumat (19/5), Badan Peralatan dan Dukungan Pertahanan (DE&S) Kementerian Pertahanan Inggris telah menyepakati pembelian helikopter Chinook Extended Range dari Pemerintahan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Ukraina Klaim Pasukannya Berhasil Maju Secara Signifikan di Bakhmut

Penandatanganan kontrak mencakup layanan pengembangan dan manufaktur selama satu dekade. Pengiriman tahap pertama dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2026 dan ditempatkan di Pangkalan Udara RAF Odiham.

“Helikopter H-47 (ER) akan siap di garis depan menghadapi ancaman maupun digunakan untuk dukungan logistik. Melalui investasi £1,4 miliar, kami akan menjadi salah satu dari sedikit angkatan udara dengan kemampuan ini,” ujar Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Baca Juga: Korsel Berencana Tambah Bantuan Militer ke Ukraina

Chinook merupakan helikopter serbaguna yang telah terbukti ketangguhannya dan pernah digunakan dalam berbagai misi, salah satunya pertempuran Falklands pada 1980-an.

Kini, varian termodern helikopter CH-47F (ER) memiliki berbagai kemampuan baru, seperti kokpit digital, sistem kontrol penerbangan otomatis digital yang memungkinkan pilot terbang di area dengan jarak pandang terbatas serta badan pesawat yang dimodernisasi menjadi lebih stabil dan kuat. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER